-->
  • Jelajahi

    Copyright © IndateNews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Usulan RKPD Tak Hanya Soal Infrastruktur Saja

    Indate News
    26/02/24, Februari 26, 2024 WIB Last Updated 2024-02-26T11:44:56Z


    indate.net-BOGOR - Pemkot Bogor melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Baperinda) menggelar konsultasi publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Bogor tahun 2025 dengan tema ‘penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan pelayanan dasar yang berkualitas’ di Bale Pakuan Ballroom Padjajaran Suites Hotel, Bogor Nirwana Residence (BNR), Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Senin (26/2/2024). 


    Dalam acara tersebut Sekda Kota Bogor Hj Syarifah Sofiah Dwikorawati memberikan arahan dan pemaparan kepada Organisasi Perangkat Dae­­rah (OPD) yang hadir. Syarifah me­­lanjutkan, ada masukan bagaimana membangun kebudayaan, bagaimana link and match hasil penelitian dan sharing ilmu dari peneliti ke berbagai masyarakat. 


    “Tadi ada masukan dari peneliti, bagaimana mereka ingin berbagi ilmu soal menulis buku, karya ilmiah dan lainnya. Nah itu, belum disingkronkan. Selanjutnya masukan dari masyarakat  ke kami harus banyak bangun pedes­trian, belum tersambung semua tapi sudah nyaman untuk pejalan kaki,” terangnya. 


    “Kemudian ada masukan soal kami hanya bisa bangun, tapi belum memelihara pedestrian karena ba­­nyak diisi oleh PKL. Dan saat ini padahal ada upaya pemeliharaan dengan tim tangkas, kami halau PKL. Karena Pedestrian untuk peja­­lan kaki. Intinya banyak masukan komunitas, komunitas pengamen jalanan juga diminta supaya tidak di lampu merah sehingga disediakan tempat yang seharusnya,” tambah Syarifah. Sementara itu, Kepala Baperinda Kota Bogor, Rudi Mashudi menjelaskan, ada beberapa hal masukan terkait dengan ekonomi kreatif kemudian juga pembangunan SDM, pendidikan, juga ada hal terkait dengan sosial. Kemudian tadi ada usulan para teman seni jalanan, kemudian dari unsur sosial pengamat atau aktivis HIV Aids. 


    “Intinya mereka ingin hal yang mereka kerjakan ada support dari pemerintah. Sebelumnya, pada minggu lalu ada Musrenbang tematik dengan penyandang disabilitas, lansia, anak dan perempuan. Kami berharap usulan atau aspirasi mereka tidak ada yang terlewat,” jelasnya. 


    Rudi memaparkan, melihat dari Musrenbang dan Pokir, hampir diatas 80 persen usulannya infra­struktur semua. Seperti yang disampaikan Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto, bahwa memang cenderung usulan itu infrastruktur, sementara unsur sosialnya sangat sedikit. “Ya, padahal kami ingin mem­­bangun SDM juga sebagai kualitas dari pelayanan publik. Kalau dari disabilitas ingin ada fasilitas ke arah ekonomi dan mereka lebih berdaya. Untuk sekarang me­reka sudah difasilitasi tempat un­­tuk kumpul di Jalan Kedondong, Kecamatan Bogor Utara dan itu milik Pemkot Bogor,” paparnya.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kabupaten Bogor

    +