-->
  • Jelajahi

    Copyright © IndateNews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Terapkan Sistem Merit, Kota Bogor Raih Penghargaan

    Indate News
    18/02/24, Februari 18, 2024 WIB Last Updated 2024-02-18T11:07:24Z


    indate.net-Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) memberikan Piagam Peng­­hargaan kepada Kota Bogor atas keberhasilan menerapkan Sistem Merit, dalam pengisian Jabatan Pim­­pinan Tinggi (JPT) tahun 2023 dengan kualitas sangat baik.


    Penghargaan tersebut diterima Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bo­­gor, Syarifah Sofiah dalam kegiatan Pengawasan pengisian JPT dan penye­­rahan penghargaan dalam pengisian JPT tahun 2023 di Aula Barat, Gedung Sate, Bandung, belum lama ini. “Alhamdulillah Kota Bogor dapat penghargaan tentang bagaimana mengisi jabatan tinggi pratama dengan menggunakan merit sistem dan kita juga sudah lebih maju karena kita juga sudah menggunakan manajemen talenta. Alhamdulillah dapat penghargaan sangat baik,” kata Sekda Syarifah.


    Penghargaan ini, lanjut Sekda, diberikan sebagai apresiasi, karena seperti yang disampaikan oleh KASN, bahwa belum semua pemerintah daerah menggunakan merit sistem dan manajemen talenta dalam mengisi JPT. Dalam raihan ini, Kota Bogor dinilai sangat baik dari daerah-daerah yang belum menggunakan merit sistem dan manajemen talenta, dikarenakan saat ini Kota Bogor melakukan pengisian JPT sesuai merit sistem dan manajemen talenta, diantaranya menggunakan variabel kompetensi, kinerja, penghargaan serta disiplin dan sebagainya. “Tu­juannya ada asas keadilan, asas keterbukaan, akuntabilitas dalam pengisian jabatan itu yang diuta­­makan berdasarkan merit dan manajemen talenta,” ungkapnya.


    Sehingga lanjut Sekda, pengisian JPT tidak dilakukan berdasarkan kedekatan, golongan seperti yang disampaikan oleh KASN. “Semua berbasis variabel yang ada pada sistem merit, jadi fokus melihat pada setiap individu-individu,” ujarnya. Dalam sambutannya, Komisioner Pokja Pengawasan Pengisian JPT Wilayah II, Agustinus Fatem menyampaikan, apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan daerah di bawah Jawa Barat, termasuk Kota Bogor yang menerapkan merit sistem secara menyeluruh. “Kami harap apa yang sudah dilakukan bisa dikembangkan terus,” katanya.


    Namun, Agustinus menyadari saat ini masih banyak daerah yang be­­lum menerapkan sistem ini, se­­hingga diperlukan langkah perce­­patan. Menurutnya ini menjadi pe­­kerjaan rumah besar bagi dinas/in­­stansi pemerintahan agar segera memberlakukan merit system. “Ka­­lau sistem merit sudah dibangun berdasarkan delapan aspek, yaitu perencanaan, kebutuhan, penga­­daan formulasi CPNS, PPPK, pengem­­bangan, kompetensi, promosi dan mutasi serta penghargaan, kinerja, penilaian dan disiplin sampai pada sistem informasi, maka selanjutnya dalam JPT menggunakan manajemen talenta itu dibangun berdasarkan 4 aspek, yaitu promosi, mutasi, rotasi, penghargaan, kompensasi kinerja dan disiplin pegawai. Sehingga manajemen talenta itu terbentuk,” pungkasnya.(*)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kabupaten Bogor

    +