-->
  • Jelajahi

    Copyright © IndateNews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bawaslu Kota Bogor Akan Terus Awasi Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 Sampai di TPS

    Indate News
    13/02/24, Februari 13, 2024 WIB Last Updated 2024-02-13T01:05:28Z


    indate.net-Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bogor, merilis hasil tahapan logistik yang saat ini sudah memasuki pendistribusian logistik dari gudang logistik KPU ke tingkat Kecamatan ke masing-masing tempat penyimpanan logistik di tingkat kelurahan menujuh Tempat Pemungutan Suara (TPS).


    Anggota Bawaslu kota Bogor, Salman Alfarisi mengatakan, Bawaslu Kota Bogor hadir mengawasi tahapan sebagaimana amanah UU nomer 7 tahun 2017 pada pasal 101 huruf b angka 5 pengadaan logistik dan pendistribusiannya. 


    Adapun fokus pengawasan pada ketersediaan surat suara sehingga untuk memastikan hak konstitusional pemilih tersebut dapet terpenuhi maka Bawaslu kota Bogor melakukan pengawasan secara langsung ke setiap percetakan surat suara. Sebagaimana dimaksud dalam kurun waktu sejak tanggal 26 Desember 2023 sebanyak empat  tujuan penjemputan oleh KPU kota Bogor.


    "Yaitu pada tanggal 26 Desember 2023 penjemputan surat suara jenis DPR RI dan DPRD Provinsi Jabar di Nganjuk, Jawa timur, 2 Januari 2024 jenis surat suara DPD RI dapil Jabar di Banten, 4 Januari 2024 jenis surat suara DPRD Kota Bogor di DKI Jakarta dan 10 Januari 2024 jenis surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di Bandung Jawa Barat," ujarnya, Senin (12/2/2024).


    Namun demikian, dalam pengawasan proses sortir lipat surat suara dan setting serta packing kotak suara, Bawaslu menemukan cukup banyak surat suara yang rusak serta jumlah surat suara dengan kondisi baik dalam satu box surat suara yang tidak sesuai jumlah sebagaimana tercantum dalam dokumen ekspedisi sehingga Bawaslu menyampaikan saran perbaikan untuk segera meminta kekurangan surat suara dimaksud ke pihak percetakan agar surat suara dapat terpenuhi.


    "Jumlah kebutuhan surat suara di kota Bogor sudah ditetapkan sebagaimana dalam KEP KPU RI nomer 1413 tahun 2023 tentang jumlah surat suara yang di cetak dalam pemilihan umum tahun 2024," terangnya.


    Jumlah kebutuhan surat suara tersebut dengan rincian, Pemilu Presiden dan Wakil Presiden berjumlah 817.283 surat suara, Pemilu Anggota DPD 817.283 surat suara, Pemilu Anggota DPR 817.283 surat suara, Pemilu Anggota DPRD Provinsi 817.283 surat suara.


    Kemudian, Pemilu Anggota DPRD Kabupaten/Kota Dapil 1 surat suara 162.252, Pemilu Anggota DPRD Kabupaten/Kota Dapil 2 surat suara 157.418, Pemilu Anggota DPRD Kabupaten/Kota Dapil 3 surat suara 184.731, Pemilu Anggota DPRD Kabupaten/Kota Dapil 4 surat suara 166.922, dan Pemilu Anggota DPRD Kabupaten/Kota Dapil 5 surat suara 145.960.


    Kata Salman, dalam memenuhi kekurangan surat suara tersebut dan berdasarkan hasil penyortiran dan perhitungan sudah dibahas dan disetujui dalam rapat pleno KPU Kota Bogor tanggal 19 Januari 2024.


    Bawaslu kota Bogor kembali melakukan pengawasan secara langsung untuk penjemputan surat suara yang kurang ke tiap percetakan untuk memastikan keterpenuhan surat suara dan pada saat di percetakan nanti agar langsung dilakukan proses sortir dan perhitungan secara manual terhadap jumlah surat suara.


    "Adapun jumlah surat suara kurang untuk DPR 406 surat suara, DPRD Provinsi Jawa Barat 571 surat suara, DPD dapil Jawa Barat 531 surat suara, DPRD Kota Bogor 3.216 surat suara, dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 632 surat suara,"bebernya.


    Lebih lanjut Salman mengatakan, berdasarkan hasil pengawasan, pasca penjemputan surat suara dari tempat percetakan, seluruh surat suara tersebut telah tersimpan di kedua Gudang Logistik Pemilu 2024 KPU Kota Bogor di Jalan Sholeh Iskandar, Kecamatan Tanah Sareal dan Gedung Wanita Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah.


    “Hasil Pengawasan Bawaslu Kota Bogor menunjukkan jumlah logistik surat suara sudah terpenuhi,” jelasnya.


    Setelah itu, pengawasan dilakukan Bawaslu Kota Bogor pendistribusian logistik Pemilu dari kedua gudang tersebut ke empat tempat gudang logistik Pemilu tingkat Kecamatan lainnya, yakni Kecamatan Bogor Timur, Kecamatan Bogor Selatan, Kecamatan Bogor Barat, dan Kecamatan Bogor Utara pada 7 sampai 8 Februari 2024.


    Selain surat suara, di gudang logistik Pemilu tingkat kecamatan tercatat dengan jumlah 2.913 TPS ada 14.565 kotak suara dan 11.652 bilik suara.


    Salman menambahkan, hingga saat ini, hasil supervisi Bawaslu Kota Bogor menunjukkan pendistribusian logistik dari masing-masing gudang logistik pemilu tingkat kecamatan ke masing-masing tempat penyimpanan logistik tingkat kelurahan telah selesai dilakukan oleh KPU Kota Bogor.


    "Bawaslu Kota Bogor selanjutnya akan mengawasi pendistribusian logistik pemilu sampai tiba di TPS pada H-1 atau 13 Februari 2024, besok," pungkasnya. (*/Ian)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kabupaten Bogor

    +