Iklan

2.745 Kotak Suara Pemilu Sudah Didistribusikan PPK Ke Semua Kelurahan di Bogor Selatan

Indate News
12/02/24, Februari 12, 2024 WIB Last Updated 2024-02-12T10:28:28Z


indate.net-Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Bogor Selatan sudah mendistribusikan sebanyak 2.745 box atau kotak suara Pemilihan Umum (PEMILU) 2024 ke kantor-kantor kelurahan yang ada di Bogor Selatan sejak Minggu 11 Februari 2024 kemarin.


Sekretaris PPK Bogor Selatan, Harry Cahyadi mengatakan, proses pendistribusian ribuan kotak suara itu semuanya sudah didistribusikan dan diamankan di 16 kelurahan yang ada di Kecamatan Bogor Selatan, termasuk 2.196 bilik suara. 


"Ya, kemarin kita semua turun dan menyaksikan langsung proses pemindahan logistik pemilu dari gudang logistik yang terpusat di Cipaku ke kelurahan-kelurahan yang ada Bogor Selatan. Semua berjalan lancar dan dikawal ketat oleh aparat kepolisian," kata Harry kepada wartawan, Senin (12/2/2024).


Ribuan kotak suara yang sudah didistribusikan ke kelurahan itu, Kata Harry, didalamnya terdapat 5 surat suara, diantaranya surat suara untuk Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Bogor. 


"Jadi sebanyak 2.745 kotak suara itu, didalamnya sudah ada surat suara. Dan setiap kotak suara isinya disesuaikan dengan warna surat suara, seperti pilpres berwarna abu-abu, DPD RI warna merah, DPR RI warna kuning, DPRD Provinsi warna biru dan DPRD Kota Bogor berwarna hijau," jelasnya. 


Lebih lanjut Harry menjelaskan, Setelah didistribusikan ke kelurahan maka logistik pemilu seperti bilik, kotak dan surat suara didistribusikan ke masing-masing TPS yang ada di kelurahan, dan jadwalnya akan dilaksanakan pada H-1 atau di tanggal 13 Februari 2024, sehingga di hariha semua logistik sudah ada di TPS. 


"Secara rinci, bilik suara berjumlah 2.196 itu akan di kirim 4 unit per TPS. Begitu juga dengan kotak suara yang berjumlah 2.745 akan dikirim 5 kotak suara untuk satu TPS," ujarnya. 


Sedangkan, surat suara disesuaikan dengan jumlah data pemilih tetap (DPT) yang ada di Bogor Selatan yaitu sebanyak 154.177 jiwa, plus 2 persen penambahan. Sementara jumlah TPS di Bogor Selatan seluruhnya ada 549 TPS. 


"Nah, 5 kotak suara di TPS itu untuk jumlah surat suaranya disesuaikan dengan jumlah DPT yang ada di TPS tersebut, misalnya dalam satu TPS ada 100 atau 200 DPT, maka surat suara yang ada di dalam kotak suara disesuaikan, plus penambahan 2 persen," pungkasnya.(*)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Kabupaten Bogor

+