Iklan

Dewas PPJ Beri Rekomendasi ‘Lanjutkan’ Untuk Muzakkir Cs

Indate News
22/11/23, November 22, 2023 WIB Last Updated 2023-11-22T01:59:58Z


indate.net-BOGOR- Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim belum lama ini menyebut, ada kemungkinan perpanjangan masa jabatan direksi Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor. Bahkan Dedie mengaku, rencana perpanjangan dilakukan satu paket alias semua jajaran direksi, karena dinilai berhasil. Diketahui, masa jabatan Perumda Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor periode 2019-2024 akan habis pada awal tahun depan.

Tetapi, hingga akhir November ini, belum ada tanda-tanda Pemkot Bogor membentuk panitia seleksi (Pansel) untuk direksi Perumda PPJ Kota Bogor. Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asperbang) Setda Kota Bogor, Hanafi menuturkan, perpanjangan bisa dilakukan se­­telah ada rekomendasi dari Dewan Pengawas (Dewas). Tentunya apabila ada prestasi yang baik. Dengan ber­­bagai macam alasan positif, jadi bahan pertimbangan pemilik BUMD. Dalam aturan bisa diperpanjang sampai satu priode.

“Diperpanjang periode berikutnya setelah ada rekomendasi Dewas, namun kinerja direksi harus baik dan ada prestasi yang dicapai. Ke­berhasilan itu relatif tergantung penilaian KPM, yaitu Wali Kota Bogor serta Wakil Wali Kota Bogor,” papar Hanafi kepada wartawan, Selasa (21/11/2023). Hanafi menjelaskan, untuk saat ini rekomendasi dari Dewas sudah ada dan diserahkan langsung kepada KPM.

“Rekomendasi Dewas, akan menjadi bahan pertimbangan dari KPM untuk mengambil kebija­­kan,” jelasnya. Mengutip laman Kemendagri, aturan perpanjangan direksi BUMD termaktub dalam Permendagri RI nomor 37 tahun 2018 tentang Pengangakatan dan Pemberhentian Anggota Dewan Pengawas dan Anggota Direksi BUMD. Pada Pasal 51 ayat 1 menyebut, anggota direksi BUMD diangkat untuk masa jabatan paling lama 5 tahun dan dapat diangkat kembali untuk satu kali masa jabatan.

Diketahui, susunan direksi Perumda PPJ saat ini terdiri dari Direktur Utama Muzakkir, Direktur Umum Jenal Abidin dan Direktur Operasional Deni Ari Wibowo, yang dilantik pada 4 Februari 2019 silam.

Sedangkan, salah seorang dewas Perumda PPJ Agustian Syach membenarkan, jika rekomendasi telah keluar. Diingatkan Agus yang juga Kasatpol PP Kota Bogor ini, jika setiap pengambilan keputusan dilakukan secara kolektif kolegial.

“Rekom itu sudah ada dan ditanda tangan oleh ketua dewas,” singkat dia. Sebelumnya, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menuturkan, alasan kemungkinan perpanjangan masa jabatan direksi Perumda PPJ Kota Bogor, salah satunya terkait pencapaian direksi yang dianggap sudah sangat baik dan masih ada PR yang harus diselesaikan.

“Sebetulnya ada pencapaian yang sangat baik dari direksi BUMD, khususnya Perumda Pasar Pakuan Jaya. Sebetulnya bukan hanya itu, Perumda Tirta Pakuan dan Bank Kota Bogor juga baik, tapi kan hanya Perumda Pasar Pakuan Jaya yang (masa jabatan direksi) mendekati akhir,” ungkap Dedie.

Dedie menjelaskan, selain diang­­gap berprestasi, masih ada harapan untuk menyelesaikan PR yang kini masih berproses. Sebut saja proses revitalisasi Pasar Padasuka (Cumpok), Plaza Bogor dan revitalisasi beberapa pasar lain. Termasuk, PR mengelola Pasar Teknik Umum (Pasar TU Kemang) agar lebih baik. Diketahui, Pasar TU Kemang baru saja diambil alih oleh Pemkot Bogor setelah ada keputusan Mahkamah Agung dan sudah ditindaklanjuti dengan proses eksekusi.(*)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Kabupaten Bogor

+