• Jelajahi

    Copyright © IndateNews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    4 Ton Sampah Menumpuk di Kalibaru Cibinong

    Indate News
    28/11/23, November 28, 2023 WIB Last Updated 2023-11-28T01:23:57Z


    indate.net-CIBINONG - Kurang lebih 4 ton sampah menumpuk di aliran Kalibaru Cibinong, Kabupaten Bogor. Jenis sampahnya seperti limbah rumah tangga hingga bambu. Terbawa saat debit air besar, seiring dengan tingginya curah hujan.

    Sampah-sampah tersebut mu­­lai diangkut menggunakan ar­­mada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor sejak akhir pekan kemarin. Kepala Bidang Pengelolaan Sampah DLH Kabupaten Bogor, Ismambar Fadli Masnen mengatakan, pihaknya mengerahkan alat berat dan puluhan truk untuk mengangkut sampah di aliran Kalibaru Cibinong.

    “Kemarin sudah kita angkut tum­­pukan sampah yang menyumbat aliran Kalibaru. Jumlah sampah yang diangkut sekitar 4 ton,” ujar Fadli. Dia menjelaskan, jenis sampah yang diangkut berupa.plastik, bambu, dan lainnya. “Sampah yang diangkut dibawa ke TPA.Galuga,” katanya.

    Sekcam Cibinong, Apid Junaedi mengatakan, bukan fenomena baru aliran Kali Baru Cibinong dipenuhi sampah selepas hujan. “Saya akui memang banyak tumpukan sampah di aliran sungai kalibaru, dan memang posisi kita ini berada di hilir. Sedangkan pada hulu sungai banyak yang mem­­buang sampah sembarangan,” katanya. Dia mengatakan, sampah yang me­­numpuk di Kali Baru Cibinong be­­ragam. Bahkan ada ranting dan dahan pohon

    “Kita sudah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor untuk mengatasi masalah ini, tapi menurut mereka ini bukan tanggung jawab mereka dan tanggung jawab mereka hanya sampah liar dan sampah yang berada di kawasan perumahan,” ungkapnya. Sementara yang dilakukan adalah pembersihan se­­ cara manual.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kabupaten Bogor

    +