• Jelajahi

    Copyright © IndateNews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pembebasan Lahan R3 Dilanjut Demi Target 2026

    Indate News
    23/08/23, Agustus 23, 2023 WIB Last Updated 2023-08-23T01:00:09Z


    indate.net-BOGOR - Pemkot Bogor rencananya melanjutkan pembebasan lahan proyek Jalan Regional Ring Road (R3), dengan panjang kurang lebih 1 kilometer, tepatnya  di batas Sungai Ciliwung arah wilayah Katulampa, Kecamatan Bogor Timur tahun 2023, untuk mengejar target selesai tembus ke Jalan Raya Wangun pada tahun 2026 mendatang.

    Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menegaskan, bahwa pem­­be­­basan lahan dilanjutkan, agar mempercepat akses masyarakat dari wilayah Kecamatan Bogor Utara ke Bogor Timur atau Selatan menggunakan jalan tersebut tanpa harus melalui Jalan Raya Utama Pajajaran. Pembebasan lahan ter­­sebut sedang dalam pematangan di dinas terkait.

    “Jadi, R3 tahun ini Insya Allah akan kami lanjutkan pembebasan lahan sampai di batas Sungai Ciliwung di arah Katulampa. Panangnya kurang lebih 1 kilometer,” ungkap Dedie, kepada wartawan, kemarin.

    Saat ini Jalan R3 bisa diakses dari Simpang Jambu Dua di Jalan KS Tubun dan Jalan Pajajaran menuju Jalan Achmad Adnan Wijaya, Jalan Pandu Raya, di Kecamatan Bogor Utara hingga ke Jalan Kol Ahmad Syam, Jalan Raya Parung Banteng, di Kecamatan Bogor Timur.

    Dedie menambahkan, Jalan R3 itu nanti disambung dengan sebuah jembatan yang melewati Sungai Cili­wung di wilayah Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur. Kemudian dilanjutkan de­ngan pembebasan area wisata Kuntum, sampai Jalan Raya Wa­ngun hingga nanti kendaraan masyarakat bisa tembus ke Jalan Raya Tajur. “Pemkot Bogor sedang mengupayakan kembali menambah akses sepanjang lebih kurang 1 kilo­meter untuk memperlancar target tembus hingga Jalan Raya Wangun tahun 2026,” terang dia.

    Dedie mengatakan, jika di sisi lain kelanjutan pembebasan lahan Jalan R3 juga didukung dengan ren­­cana penyelesaian sodetan Jalan Permata, di area Perumahan Villa Duta, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur sampai ke daerah SMAN 3 Kota Bogor di wilayah yang sama. Jalan tersebut bisa digunakan untuk mengakses Jalan R3 melalui Kampung Bantar Kemang, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur. “Harapan ke depan, tentu kami berkeinginan juga supaya masyarakat kalau mau ke Jalan Pajajaran biasanya berputar, nah nanti diselesaikan sodetan Ja­­lan Permata, Villa Duta, kemudian keluarnya di SMAN 3,” tukas dia. masih kata Dedie, pem­bangunan lanjutan R3 dan sodetan Jalan Permata Villa Duta tentu akan mengurangi kemacetan di Jalan Padi dan di Jalan Binamarga, karena konsentrasi kendaraan menjadi terbagi.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kabupaten Bogor

    +