• Jelajahi

    Copyright © IndateNews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Ahli Waris TB A Basuni Bersama Germat Datangi Balai Kota Bogor Minta Pengakuan Gelar Pahlawan

    Indate News
    21/08/23, Agustus 21, 2023 WIB Last Updated 2023-08-21T13:10:30Z


    indate.net-Pada moment hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 , Ahli waris Kapten Inf (purn) TB A Basuni bersama dengan Gerakan Mahasiswa Advokasi Masyarakat (Germat) mengelar aksi damai di plaza Balai Kota Bogor Pada Senin 21 Agustus 2023.

    Dalam aksinya tersebut Ahli waris bersama Germat meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengakui dan mau mendaftarkan TB A Basuni menjadi pahlawan nasional dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang berasal dari Kota Bogor. 

    "TB A Basumi itu sudah banyak terpampang di link - link internet dan sejak tahun 2015 sudah mulai berkurang, mungkin kita sebagai ahli waris hanya bisa berharap dan meminta, semoga dengan izin Allah SWT Pemkot Bogor mau mengakui TB A Basuni sebagai pahlawan nasional berasal dari Kota Bogor hanya itu," kata ahli waris TB A Basuni, Tubagus Hendra Bayu Rotta usai melakukan aksi damai di Plaza Balaikota Bogor, Senin (21/8/2023).

    Menurut Bayu, sejarah perjuangan almarhum TB A Basuni jelas sebagai pendiri Badan Keamanan Rakyat (BKR) di Bogor, TB A Basuni telah berjuang mengusir penjajah dari Bogor hingga Cianjur dibuktikan dengan beberapa anugerah yang diterima.   

    "Almarhum TB A Basuni memang tercatat sebagai pendiri BKR di Bogor selain juga anak buahnya kiai haji sam'un beliau juga mempunyai anugerah bintang Gerilya, bintang Kartika Eka Paksi Nararya, bintang Sewindu dan Bintang anugerah lainya, yang anugerah bintangnya ada tiga," jelasnya. 

    Dan terakhir tugas TB Basuni, menurut Bayu, itu sebagai tentara juga sebagai dalang yang ditugaskan oleh divisi  3 Siliwangi. dimana masih ramai - ramainya pemberontakan DI/TII sekaligus menjaga ring satu istana presiden.  

    "Pengajuan pahlawan nasional, untuk admistratif sebenernya udah melakukan tapi disini ada jalan buntu. Namun sebagai seorang anak, saya mohon petunjuk dari pemerintah sebagai bapak saya untuk memberi petunjuk untuk mengajukannya, di internet atau link aja TB A Basuni masih ada, masa di Bogor sendiri tidak di akui cuma itu saja," pungkasnya.(ian)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kabupaten Bogor

    +