• Jelajahi

    Copyright © IndateNews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pameran Lukisan Anak Akan Digelar di Bogor

    Indate News
    19/07/23, Juli 19, 2023 WIB Last Updated 2023-07-19T08:56:24Z


    indate.net-BOGOR - Untuk pertama kali, pameran khusus lukisan karya anak-anak segera digelar di Kota Bogor pada 21-23 Juli 2023 di Gedung Negara Bakorwil Kota Bogor, Jl. Ir. H. Juanda, Kota Bogor.

    Pameran lukisan bertajuk "Karya Menjulang Prestasi Cemerlang" ini merupakan rintisan yang dilakukan oleh SD Negeri Julang Kota Bogor dengan menampilkan 11 orang pelukis cilik Kota Bogor.

    Siswa dan siswi yang ikut berpameran itu adalah Aisye Khaira Witoyo, Ariva Riezkya, Bevelyn Lovely Cantana, Danish Dzakwan Aldebaran, Fathan Sulistyo Kamil, Kafka Kumara Jati, Rajendra Malik Ibrahim, Satria Maulana, Shakira Ayanna Syarif, William dan Zahira Afika Humaira.

    Kepala Sekolah SD Negeri Julang Kota Bogor, Syaefudin menjelaskan karya anak-anak ini awalnya merupakan hasil pembelajaran dari ekstrakurikuler lukis yang diselenggarakan di sekolah.

    "Melalui pembinaan yang bertahap dilakukan pelatihan secara intens di ekskul melukis, sesuai dengan karakter anak. Semangat berpameran muncul dari anak dan orangtuanya. Karena itu saya beserta seluruh komponen sekolah sangat mendukung kegiatan kreatif bagi anak didik kita," tutur Syaefudin.

    Bagi Syaefudin, pameran lukisan anak menjadi salah satu kebanggaan sekolah dan akan dijadikan sebagai kegiatan rutin tahunan. 

    Terlebih dampaknya cukup baik bagi anak didiknya dan menjadi salah satu metode pembelajaran bagi sekolahnya yang menerima siswa inklusi.

    Pembina ekskul Seni Lukis, Rifki Setiadi menjelaskan karya-karya yang dipamerkan ini merupakan eksplorasi yang dilakukan selama 1 tahun sebelumnya.

    "Puncak sebuah karya bukanlah menjadi juara dalam perlombaan. Puncak sebuah karya adalah berpameran sehingga karya bisa dinikmati dan dikomunikasikan kepada khalayak," tutur Rifki yang juga merupakan penggiat kesenian di Kota Bogor.

    Rifki menyebutkan, dalam catatan kegiatan kesenian di Kota Bogor, memang belum pernah ada pameran lukis yang dikhususkan bagi anak-anak di Kota Bogor. 

    "Banyak pihak yang masih terjebak mengedukasi karya hanya dengan cara perlombaan saja. Padahal menampilkan karya mereka secara mandiri, memberikan dampak yang baik bagi potensi kreativitas mereka," jelasnya.

    Upaya baru inilah yang tengah dirintisnya di Kota Bogor. Tentu dengan harapan, Kota Bogor turut menghidupkan karya anak dan dapat mengakomodir hasil karya anak secara utuh.

    Ketua Panitia Pameran Lukisan Anak, Isti Sunarni menambahkan tujuan pameran ini sebagai bentuk motivasi orangtua dan sekolah dalam membangun tumbuh kembang anak.

    Karena itu, ia berharap sekolah-sekolah lain di Kota Bogor turut hadir menyaksikan pameran yang juga memiliki kontekstual dengan Hari Anak Nasional.

    "Anak-anak kami berikan kebebasan berekspresi melalui karya seni. Tentu hal ini dapat membantu kita semua agar anak jauh lebih kreatif dan mengurangi ketergantungan terhadap gadget," ungkap Isti.

    Ia berharap, pameran yang dilakukan siswa dan siswi dari SD Julang Kota Bogor ini mampu menjadi inspirasi dan turut mendorong apresiasi seni di Kota Bogor.(ian)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kabupaten Bogor

    +