• Jelajahi

    Copyright © IndateNews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kebun Raya Jadi Tempat Perayaan Ulang Tahun Raja Charles III, Ini Kata Dedie A. Rachim

    Indate News
    07/06/23, Juni 07, 2023 WIB Last Updated 2023-06-07T02:03:19Z


    indate.net-Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim menghadiri acara The Royal Yeomanry (Inns of Court and City Yeomanry) yang tampil bersama siswa SDN Polisi 1 Bogor di Kebun Raya Bogor pada Selasa 6 Juni 2023. (Istimewa/Bogordaily.net)

    Bogordaily.net–  Peringatan hari Ulang Tahun Raja Charles III salah satunya dirayakan di Kebun Raya Kota Bogor. Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim bangga karena Kota Bogor menjadi bagian dari perayaan tersebut. Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste Matthew Downing.

    Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengatakan, Kota Bogor merasa terhormat menjadi bagian dari perayaan ulang tahun Raja Charles III di Kebun Raya Bogor.

    Lokasi ini juga memiliki hubungan sejarah khusus dengan Inggris sejak abad ke-18. Belakangan menjadi bagian dari kerja sama Inggris-Indonesia untuk melestarikan keanekaragaman hayati Indonesia. Seperti kolaborasi antara Kebun Raya Bogor, Kew Gardens dan Departemen Riset Indonesia (LIPI).

    “Kami berharap penampilan Royal Military Band di Kebun Raya, bersama dengan anak-anak sekolah kami, akan menjadi momen tak terlupakan dalam sejarah Inggris-Bogor,” kata Dedie.

    Orang nomor dua di Kota Bogor ini juga mengucapkan berterima kasih kepada Pemerintah Inggris atas dukungan dan upaya yang terus menerus untuk Kebun Raya Bogor.

    “Kami mengirimkan doa-doa tulus kami untuk Inggris dan Yang Mulia Raja Charles III,” paparnya.

    Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste Matt Downing mengatakan ini benar-benar momen menyenangkan. Seiring dengan peringatan Hari Ulang Tahun Yang Mulia Raja Charles III.

    Penobatan Yang Mulia Raja Charles III dan Permaisuri pada bulan Mei adalah acara budaya yang signifikan bagi Inggris Raya, dan disaksikan oleh seluruh dunia.

    “Raja Charles telah meminta kami untuk mempromosikan empat hal yang menjadi kepedulian beliau yaitu komunitas, keberagaman, kaum muda, dan keberlanjutan. Saya berharap hari ini kita bisa merayakan empat hal tersebut yang sangat dekat di hati Raja,” katanya.

    Keberagaman dan keberlanjutan adalah inti dari kinerja pembangunan dan diplomasinya di Indonesia.

    “Keterkaitan sejarah kami dengan Kebun Raya Bogor dimulai pada abad ke-18 pada masa kepemimpinan Stamford Raffles,” imbuhnya. Kebun Raya Bogor juga merupakan rumah bagi bunga raksasa, “Rafflesia (Rafflesia Arnoldii), salah satu tanaman paling langka di Indonesia.

    Sementara itu perpaduan penampilan dari UK’s Royal Military Band dan siswa lokal menunjukkan kuatnya hubungan budaya antara Inggris dan Indonesia. Termasuk di kalangan anak muda.

    “Saya berharap kunjungan ini akan memperdalam persahabatan kita yang luar biasa untuk kita terus mendorong kreativitas dan inovasi guna masa depan yang lebih baik,” katanya.

    Sebagai informasi, Kunjungan Royal Yeomanry Band ke Indonesia ini merupakan bagian dari perayaan Pesta Ulang Tahun Raja (KBP). Yakni hari ulang tahun resmi Yang Mulia Raja Charles III yang diperingati oleh Kedutaan Besar dan Komisariat Tinggi di seluruh dunia pada bulan Juni.

    Acara ini menyusul Penobatan Raja Charles III yang telah berlangsung pada 6 Mei 2023 yang disaksikan oleh seluruh dunia, termasuk Indonesia. Band ini terdiri dari dua pemain Terompet, satu pemain Alto Saxophone, satu pemain Trombone, satu pemain Tuba dan satu pemain drum/perkusi.

    Band ini dibentuk pada tahun 1961 setelah penggabungan Inns of Court Regiment (Resimen Pengacara) dengan The City of London Yeomanry yang akhirnya membentuk Inns of Court & City Yeomanry.

    Band ini berbasis di Holderness House di Kota London. Band ini hadir di Indonesia atas izin dari Letnan Kolonel Charles Field, Komandan, The Royal Yeomanry.

    Kebun Raya Bogor memiliki hubungan yang kuat dengan Inggris. Diawali dengan Stamford Raffles yang menjabat sebagai Letnan Gubernur di Jawa. Bertempat tinggal di Istana pada tahun 1811 dan memiliki taman dengan lanskap gaya Inggris, yang kemudian menjadi inspirasi bagi Kebun Raya.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kabupaten Bogor

    +