• Jelajahi

    Copyright © IndateNews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Apresiasi Gerakan 1.000 USG Payudara Gratis

    Indate News
    22/06/23, Juni 22, 2023 WIB Last Updated 2023-06-22T01:23:27Z


    indate.net-BOGOR - Ketua TP PKK Kota Bogor sekaligus Ketua Yayasan Kanker Kota Bogor, Yane Ardian dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah meninjau kegiatan  USG payudara gratis bagi 1.000 perempuan di RSUD Kota Bogor, kemarin. Ke­giatan ini merupakan bagian dari Gerakan 10.000 USG Payudara Gratis Jabodetabek yang dilaksanakan Yayasan Daya Dara Indonesia atau Lovepink berkolaborasi dengan Pe­merintah Kota (Pemkot) Bogor.

    Saat meninjau kegiatan mulai dari pendaftaran hingga pemeriksaan, baik Yane Ardian dan Syarifah yang hadir berlainan waktu, mengenakan kaos berwarna pink didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Sri Nowo Retno dan Dirut RSUD Kota Bogor, Ilham Chaidir serta jajaran. Apresiasi diungkapkan Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah atas kolaborasi Pemkot Bogor dengan Lovepink, komunitas yang bergerak pada kepedulian pemeriksaan kanker payudara di RSUD Kota Bogor. Mereka menargetkan 1.000 perempuan dalam waktu lima hari mulai Senin - Kamis dan Sabtu.  

    Untuk membantu pelaksanaan USG, didatangi tim dokter dari RSCM lengkap dengan peralatannya sehingga masyarakat, khususnya para perempuan di Kota Bogor yang secara finansial sangat terbantu untuk melakukan deteksi dini. Jika tarif umum membutuhkan biaya sebesar Rp640 ribu.

    Ditanya terkait penanganan pasien kanker oleh Ketua Yayasan Kanker Kota Bogor, Dirut RSUD Kota Bogor, Ilham Chaidir menjelaskan, kunjungan pasien kanker di RSUD Kota Bogor, khususnya yang menjalani kemoterapi jumlahnya mencapai 80 sampai 100 pasien setiap hari dan untuk yang operasi pasiennya mencapai 10 - 20 orang.

    “Mudah-mudahan melalui ke­giatan ini pencegahan penyakit kan­ker stadium lanjut di Kota Bogor jauh lebih bisa tertangani,” harapnya. Ketua Umum Yayasan Daya Dara Indonesia atau Lovepink, Samantha Barbara menjelaskan, Gerakan 10.000 pemberian USG payudara gratis merupakan kegiatan berbagi bagi perempuan  yang kurang mampu untuk mendeteksi kanker payudara. Ia merasa senang mendapat dukungan semua pihak, utamanya RSUD Kota Bogor.

    Terakhir Samantha memberikan cara pencegahan kanker payudara, diantaranya menjalani hidup sehat, rajin berolahraga di pagi hari antara pukul 06.00 - 08.00 pagi, makan tepat waktu dan hindari stres serta jangan menunda kalau menemukan yang ‘ganjil’. Selain itu disarankan bagi perempuan untuk menghindari 4P, yaitu pewarna buatan, pemanis buatan, makanan dengan zat pengawet dan penyedap makan. “Selain USG gratis kita juga mengedukasi tentang SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) dan SADANIS (Pemeriksaan Payudara Klinis) kepada para perempuan. Sebaiknya USG dilakukan setahun sekali untuk langkah pencegahan,” tandasnya.(*)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kabupaten Bogor

    +