• Jelajahi

    Copyright © IndateNews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Ratusan Peserta Siswa Siswi dan Kepsek Dari 45 SMP Se-Kota Bogor ikut Safari Jurnalistik PWI Kota Bogor

    Indate News
    21/02/23, Februari 21, 2023 WIB Last Updated 2023-02-21T11:22:05Z


    indate.net-BOGOR - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor menggelar Safari Jurnalistik dalam kegiatan pamungkas Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 dan HUT PWI ke 77. Acara dilaksanakan di lantai 3 gedung SMP Negeri 5 Bogor, Jalan Dadali No. 10A, Kelurahan Tanah Sareal, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor pada Senin, 20 Februari 2023. Ratusan peserta siswa-siswi serta Kepala Sekolah (Kepsek) SMP dari 45 sekolah, baik negeri maupun swasta se-Kota Bogor turut hadir. 

    Dibuka langsung Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, kegiatan tersebut menghadirkan lima pembicara diantaranya Kasat Binmas Polresta Bogor Kota, Kompol Sahroni, Kasubsi Intelejen, M. Ahega Wikantra, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Sujatmiko Baliatro, Pimred Radar Bogor.id, Lucky Lukman Nul Hakim dan Dosen Sains Komunikasi FISIPKOM Universitas Djuanda, Robby Firliandoko. 

    Turut hadir Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso, Ketua Korwil 3 PWI Jawa Barat, H. RM. Danang Donoroso, Ketua PWI Kota Bogor, Arihta Utama Surbakti, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Bogor diwakili Kasubsi Intelejen, M. Ahega Wikantra, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Sujatmiko Baliarto, Kasatpol PP Kota Bogor, Agustian Syach, Dirum Perumda Pasar Pakuan Jaya, Jenal Abidin, Ketua PHRI Kota Bogor Yuno Abeta Lahay, Kepsek SMPN 5 Kota Bogor, Wawan, serta para undangan lainnya. 

    Dalam sambutannya, Bima mengapresiasi kegiatan safari jurnalistik yang di inisiasi PWI Kota Bogor. Menurutnya, kegiatan tersebut untuk memberikan edukasi bahwa di jaman sekarang harus bijak menggunakan media sosial, termasuk berkomunikasi didalamnya agar tidak sembarangan berkomentar maupun memposting sesuatu. 

    "Jadi semua ada ilmunya, ada adabnya dan semua ada juga aturannya. Ingat banyak orang berilmu tetapi tidak beradab, dan orang beradab sudah pasti berilmu," ucapnya. 

    Senada, Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso pun turut mengapresiasi. Bismo mengatakan bahwa kegiatan safari jurnalistik sangat bagus untuk memberikan ilmu, pengetahuan, pemahaman seputar jurnalis kepada generasi muda. 

    "Ketika saya datang kesini saya melihat banyak tulisan nilai-nilai yang harus diresapi, apa yang diberikan di sekolah itu harus ditauladani, harus dibawa sampai besar nanti. Bagaimana kita menghormati orang tua, menyayangi antar sesama, bertoleransi, saling menghormati, menghargai, menjaga kebersihan, membantu orang tua di rumah, belajar mandiri, disiplin waktu. Itu akan menjadi torehan kesuksesan kita di masa depan nanti," ujarnya. 

    Dalam kesempatan itu, Ketua Korwil III PWI Jawa Barat, H. RM. Danang Donoroso, mengaku bangga dengan program dan inovasi yang dilakukan PWI Kota Bogor. Terutama dalam membangun kolaborasi dan sinergis dengan berbagai pihak di Kota Bogor. "Saya sering keliling di Jabar, dan PWI Kota Bogor ini selalu berinovasi. Seperti HPN tahun 2023 ini, kegiatan safari jurnalistik ini sangat bagus dan memberikan edukasi, terutama kepada siswa-siswi pelajar. Agar mereka mengetahui dunia jurnalistik. Saya mengapresiasi PWI Kota Bogor dan jajarannya yang selalu memiliki kegiatan program positif," jelasnya. 

    Sementara itu, Ketua PWI Kota Bogor, Arihta Utama Surbakti menuturkan bahwa safari jurnalistik dilaksanakan untuk memberikan edukasi kepada generasi Z dimana mereka ini pengguna aktif media sosial seperti membuat konten, sedangkan dari sisi resiko terkadang mereka juga tidak paham. 

    "Tidak semua pengguna aktif media sosial itu menyadari bahwa ada resiko dalam membuat konten untuk di posting, apalagi resiko secara hukum. Artinya, disini kita memberi pemahaman bahwa ini loh konten yang memang bisa mereka unggah, ini loh komen yang bisa mereka lakukan, jadi lebih kepada edukasi," katanya. 

    Rangkaian acara HPN tahun 2023 dan HUT PWI ke 77 yang dilaksanakan PWI Kota Bogor, mendapat perhatian dan partisipasi dari berbagai pihak, terutama Forkopimda Kota Bogor seperti Pemkot Bogor, DPRD Kota Bogor, Polresta Bogor Kota, Kejaksaan Negeri, juga para mitra strategis diantaranya, Perumda Tirta Pakuan, Perumda Pasar Pakuan Jaya, CV Cikal Utama, PHRI Kota Bogor, Peradi Kota Bogor, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, dan Kadin Kota Bogor.(ian) 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kabupaten Bogor

    +