Iklan

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Tegaskan Pendidikan Politik Penting Bagi Linmas

Indate News
21/02/23, Februari 21, 2023 WIB Last Updated 2023-02-21T00:55:01Z


indate.net-MEGAMENDUNG- Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan menegaskan pentingnya Pendidikan politik bagi petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas), sebagai garda terdepan dalam melakukan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di lingkungannya masing-masing. Hal itu ditegaskan Iwan Setiawan dalam kegiatan Pendidikan Politik dan Demokrasi bagi masyarakat di Kabupaten Bogor Tahun 2023, yang dilaksanakan di Hotel Mega Kecamatan Megamendung, Senin (20/2/2023). 

“Pendidikan politik ini penting diberikan, karena Linmas garda terdepan yang akan menjadi petugas, pengawas, dan pelaksana langsung bahkan hingga di pengamanan bilik suara adalah Linmas,” tegas Iwan Setiawan. 

Lanjut Iwan Setiawan menyatakan, seluruh Linmas di Kabupaten Bogor perlu mengupgrade pengetahuan mengenai Pendidikan politik. Agar mereka tahu dan memahami tugas dan fungsinya dengan baik, sehingga tahu posisinya sebagai apa di dalam kegiatan pemilu baik saat pencoblosan maupun kegiatan kampanye. Serta bisa memahami alat peraga kampanye mana yang boleh dan yang tidak boleh digunakan. 

“Minimal ilmu politik yang didapat hari ini bisa disampaikan ke rekan-rekan Linmas yang tidak bisa hadir hari ini. Saya minta ikuti dengan baik, supaya yang disampaikan bisa diimplementasikan dengan baik di lapangan,” pinta Plt Bupati Bogor. 

Menurutnya, Linmas merupakan petugas patroli lingkungan, yang memiliki tugas utama sebagai penjaga ketertiban lingkungan dan perlindungan kepada masyarakat. Bahkan tugas dan fungsi Linmas ini telah diatur oleh Undang-undang, sehingga dalam menjalankan tugas harus berani dan percaya diri. 

“Linmas harus berani, percaya diri bahkan bubarkan jika memang ada potensi kegaduhan. Isi pengetahuan dengan maksimal agar bisa bertugas dengan baik sebagai pengaman lingkungan. Linmas ini terintegrasi dengan Satpol PP ada bidang linmas, bahkan Linmas ini diakui oleh pemerintah pusat, daerah dan juga pemerintah desa,” pungkasnya. 

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Bambang W Tawekal menuturkan, kegiatan ini merupakan salah satu Langkah strategis pemerintah daerah dalam memfasilitasi tugas pelaksanaan pemilu terutama yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia yang membantu pelaksanaan pemilu dalam hal ini adalah anggota Linmas Kabupaten Bogor. 

“Harapannya akan terjamin situasi pelaksanaan Pemilu yang tertib, kondusif, damai dan aman, termasuk didalamnya upaya peningkatan partisipasi politik masyarakat. Karena peran linmas sangat strategis khususnya sebagai garda terdepan pemeliharaan ketertiban dan perlindungan masyarakat, dan senantiasa dilibatkan pengamanan langsung diberbagai kegiatan. Seperti Pemilu, Pilkada juga pengamanan langsung dalam Pilkades,” tutur Bambang.(ian) 

Komentar

Tampilkan

Terkini

Kabupaten Bogor

+