Iklan

Bertepatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Bank Sampah Rangga Mekar Gelar Tasyakuran

Indate News
23/02/23, Februari 23, 2023 WIB Last Updated 2023-02-23T00:53:34Z


indate.net-Bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 di HUT ke 8 Bank Sampah Rangga Mekar menggelar tasyakuran di Rumah Kreatif Nusantara  dan Bank Sampah Rangga Mekar jalan Graha Bogor Indah RT 01 RW 10 Rangga Mekar, Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor Pada Rabu (22/02/2023) sore. 

Tasyakuran juga di hadiri wakil wali kota Dedie Rachim, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor, Camat bogor selatan, Lurah Rangga Mekar, babinsa, bhabinkamtibmas, perwakilan Bank BNI, WWF, RT RW setempat dan Puluhan Anak Yatim yang akan mendapatkan santunan. 

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim menyampaikan mengatakan, program bank sampah Rangga Mekar yang dikelola Yayasan Bumi Selaras Sejahtera ini sejalan dengan upaya Pemkot Bogor yang saat ini berjuang untuk mendapatkan Adipura. Kemudian, ia menginginkan pengendalian sampah dari hulu ke hilir dapat dinilai secara positif oleh semua pihak. 

"Nah, parameternya upaya-upaya kecil di masyarakat ini menjadi salah satu referensi dari keinginan semua pihak untuk membuat pengolahan sampah di Kota Bogor ini lebih baik," kata Dedie kepada wartawan seusai tasyakuran, Rabu (22/02/2023). 

Lanjut Dedie, cuma pengolahan sampah itu tidak mungkin hanya diserahkan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH), tetapi dibutuhkan juga semangat dari masyarakat serta peranan dari korporasi perusahaan didalam membantu peralatan maupun pendanaan dan lain sebagainya. 

"Karena kan tujuannya sama, yaitu melestarikan lingkungan dan menjadikan lingkungan lebih baik lagi ke depan," ungkapnya 

Bank sampah Rangga Mekar, kata Dedie, menjadi salah satu pionir yang selama ini konsisten memperjuangkan dari hulu ke hilir ini sehingga bisa dikendalikan bersama-sama dengan masyarakat. 

"Kita memberikan apresiasi, karena selama ini bank sampah Rangga Mekar sudah selalu berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bogor," ucapnya. 


Ditempat yang sama, perwakilan Bank Sampah Rangga Mekar yang juga Ketua Yayasan Bumi Selaras Sejahtera (YBSS), Muhamad Sulton Abdul Aziz menyampaikan terimakasihnya kepada Pemkot Bogor dalam hal ini melalui Wakil Walikota, juga Kepada Camat Bogor Selatan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Lurah Rangga Mekar, Perwakilan BNI dan Wwf, Babinsa, Bhabinkamtibmas, RT dan RW yang sudah hadir di milad ke-8. Kata Sulton, Ini menjadi spirit bank sampah Rangga Mekar untuk terus membantu pemerintah dalam mengelola sampah yang ada di wilayahnya. 

"Kita juga ingin sampaikan bahwa YBSS kini sudah menjalankan inovasi baru yaitu Pos Pandai. Dimana program ini lebih mengajak kepada masyarakat untuk mengubah paradigma membuang menjadi menyimpan sampah ke tempat yang sudah kita buat modern, yang dinamakan Pos Pandai," katanya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, Deni Wismanto mengatakan, bank sampah Rangga Mekar adalah salah satu contoh keberhasilan di Kota Bogor, bahwa sampah yang dihasilkan di wilayah ini dapat selesai di wilayahnya itu sendiri. 

Lanjut Deni , bank sampah bisa berhasil apabila ada peran dari tokoh masyarakat, ada penggeraknya kemudian ada kolaborasi, seperti penyandang dana ataupun pembeli dari pada sampah itu, kemudian juga ada dari dukungan masyarakat. 

"Kalau itu semua jalan dan konsisten, InsyaAllah bank sampah akan tetap maju. Contohnya saja bank sampah yang ada di sini (Rangga Mekar). Dan tadi juga saya mendorong bahwa disini harus sudah bisa menjadi bank sampah induk yang betul betul mandiri dan bisa menjadi percontohan bagi bank sampah yang lain," tuturnya.(ian)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Kabupaten Bogor

+