Iklan

Puluhan Siswa Yayasan Bumi Putera Ikuti Pelatihan Adobe Indesign. Ini Pertama Kali Diajarkan di Bogor

Indate News
17/09/22, September 17, 2022 WIB Last Updated 2022-09-17T12:00:56Z


indate.net- Puluhan siswa dan guru SMK Bumi Putera Desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor ikuti pelatihan Indesign, Sabtu (17/09/22). Pelatihan tersebut di gelar oleh Forum Wartawan dari Pewarta Barudak Bogor (PBB), Forum Jurnalis Satu (J1), Serta Forum Jurnalis Mancing Indonesia (JMI) dengan tema "Kupas Tuntas Pengenalan Menggunakan Program Adobe Indesign Untuk Sebuah Karya Yang Menarik".

Dalam pelatihan Adobe Indesign turut hadir Pembina Yayasan Bumi Putera, Yudi Hartono. Ia dalam sambutannya mengatakan, sangat mengapresiasi adanya program pelatihan Adobe Indesign yang di gelar oleh jurnalis, pasalnya pelatihan Adobe Indesign itu belum ada pelatihan.

"Saya sangat mengapresiasi, pertama kali nya pelatihan Adobe Indesign ini di lakukan di Yayasan Bumi Putera. Mudah mudahan pelatihan ini bisa berlanjut," harapnya.

Di samping itu, Ketua Pewarta Barudak Bogor (PBB), Jamaluddin di dampingi Ketua Jurnalis Satu, Yudi Surahman mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan program indesign kepada masyarakat khususnya anak sekolah yang ada di kota Bogor maupun di kabupaten Bogor. 

Dimana kata dia, Pelatihan Adobe Indesign ini sangat jarang bahkan sampai saat ini belum ditemukan narasumber yang mengajarkan kesekolah-sekolah atau kepada masyarakat. Untuk itu pihaknya dari komunitas PBB, Jurnalis Satu dan JMI turun kelapangan untuk memberikan pelatihan agar masyarakat luas mengenal apa itu program indesign.

"Program ini juga pertama kalinya diajarkan kepada masyarakat mau sekolah, karena yang bisa mempunyai  Adobe Indesign sangat jarang. Adobe Indesign ini berbeda dengan adobe Photoshop atau Adobe illustrator. Adobe Indesign ini lebih mengacu kepda tataletak atau pewajahan tampilan," ujarnya.


Sementara itu, Kepada Sekolah (kepsek) SMK Bumi Putera, Ade Lesmana mengatakan, dirinya sangat antusias dengan adanya pelatihan program Adobe Indesign di sekolahnya. Pasalnya, menurut Ade Lesmana, anak didiknya sangat berkeinginan ikut. "Kami sangat antusias, kenapa ? Pertama disini kami sifatnya sekolah nya SMK. Yang kedua ada jurusan TKJ dan anak anak mendengar itu sangat berkeinginan ikut," katanya.

Ia berharap pelatihan Adobe Indesign ini bisa berkelanjutan baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah (secara privat).

"Harapan nya program seperti ini kedepannya bisa muncul lagi, bisa ada lagi pelatihan seperti ini sehingga nanti anak paham betul  bagaimana aplikasi Adobe Indesign itu, bisa mengedit kaitan dengan teks, kaitan dengan gambar dan lain lain," harapnya.

"Mudah mudahan bisa berlanjut, sifat nya mau di luar sekolahan antara pihak jurnalis seperti private, kalo untuk tempat silahkan kondisional yang penting pada saat pelaksanaan tidak menganggu aktivitas kegiatan belajar," tambahnya.(*) 

Komentar

Tampilkan

Terkini

Kabupaten Bogor

+