• Jelajahi

    Copyright © IndateNews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Armada Truk Sampah di DLH Mayoritas Sudah Berumur Tua

    Indate News
    28/09/22, September 28, 2022 WIB Last Updated 2022-09-28T11:58:45Z


    indate,net-Beberapa waktu lalu, banyak peristiwa tergulingnya truk armada pengangkut sampah milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tepatnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Setelah ditelusuri, ternyata sebanyak 133 unit truk, kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Bagaimana tidak, 80 persen dari keseluruhan kendaraan berplat merah ini ternyata sudah berumur tua hingga 10 tahun lebih.

    Banyaknya armada truk pengangkut sampah yang sudah tua dan tak layak, diungkapkan oleh Kabid Pengelolaan Persampahan DLH Kota Bogor, Feby Darmawan. Ia mengatakan bahwa memang sampai saat ini armada truk pengangkut sampah belum ada penambahan unit baru.

    Bahkan, lanjut Feby, ditengah keterbatasan anggaran yang didapatkan dinas untuk pengadaan armada baru, pihaknya lebih memilih untuk memaksimalkan unit yang ada.

    “Ada yang paling tua kendaraannya tahun 2000an, sekitar 3 unit. Kalau soal mesin sih masih bisa digunakan, namun yang cepat keropos, rapuh dan tidak bertahan lama itu bak pengangkutnya, 2-3 tahun sudah korosi akibat air sampah. Meski unitnya masih bisa dipakai, tetapi kerusakan-kerusakan teknis selalu ada seperti mesin tidak menyala, rem dan sebagainya. Namanya mobil tua,” jelasnya.

    Feby mengatakan untuk pengajuan armada baru setiap tahun di APBD murni, Banprov Jabar sampai Banprov DKI Jakarta selalu diajukan. Terakhir tahun 2021 DLH Kota Bogor mendapat bantuan armada baru sebanyak 4 unit dari Banprov Jabar. 

    “Untuk tahun sekarang tidak ada pengadaan kendaraan besar, hanya pick up sebanyak 2 unit, itu pun buat peremajaan bukan menambah pelayanan. Anggaran juga terbatas, apalagi di kami itu pegawai non ASN atau PKWT banyak, jadi anggarannya lebih difokuskan ke gaji pegawai dan biaya BBM untuk mobilitas kendaraan, kita masimalkan saja yang ada selama belum ada penambahan armada baru,” ungkapnya.

    Sebagai upaya memaksimalkan unit agar tetap berjalan, tambah Feby, pihaknya memfokuskan pada pemeliharaan yang rutin seperti mengganti oli dan suku cadang lainnya. “Kita setiap hari membuang sampah ke TPS Galuga bisa 500-600 ton sehingga unit kita harus betul-betul dijaga agar bisa terus beroperasi,” katanya. (*)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kabupaten Bogor

    +