-->
  • Jelajahi

    Copyright © IndateNews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kecamatan Kemang Minta Para Kadus Sinergis dan Akomodir Warga

    Indate News
    24/05/22, Mei 24, 2022 WIB Last Updated 2022-05-24T02:08:32Z


    indate.net-KEMANG – Masuk dalam urutan Garda terdepan ditingkat organisasi kepemerintahan Desa diatas kedudukan RT dan RW, jabatan seorang Kepala Dusun (Kadus), merupakan jabatan strategis ditingkat kewilayahan, terutama dalam mendorong peran Partisipasi masyarakat untuk berprestasi, oleh karena itu, dikali pertama inilah Pemerintah Kecamatan Kemang mengajak Seluruh Kepala Dusun dari 8 desa yang ada diwilayah tersebut untuk lebih bersinergi dalam membangun dan menjaga wilayahnya.

    Ajakan tersebut dituangkan pada giat Apel Pagi dan Giat Brifing yang berlangsung di kantor Kecamatan Kemang pada Senin (23-Mei- 2022) pagi. Demikian diutarakan Budi Riva, S.STP, MA Sekretaris Kecamatan Kemang kepada Pakar Online. Menurut Budi, disertakannya para Kepala Dusun dalam giat Apel Senin Pagi tersebut, pertama untuk menumbuhkan persamaan persepsi pada peran strategis jabatan seorang Kepala Dusun.

    “Peran strategis seorang Kepala Dusun ditingkat desa dan ditingkat kewilayahan, salah satunya untuk mengkoordinasikan para Ketua RT dan RW,” kata Budi.

    Selanjutnya, sambung Budi, Tugas Kadus juga membina ketenteraman dan ketertiban, melaksanakan upaya perlindungan masyarakat, mobilitas kependudukan, dan menata serta mengelola wilayah. “Selain itu Kadus punya andil dalam Mengawasi pelaksanaan pembangunan di wilayah kerjanya, disertai dengan mekaksanakan pembinaan kemasyarakatan dalam meningkatkan kemampuan dan kesadaran masyarakat dalam turut menjaga lingkungannya masing-masing,” bebernya.

    Masih kata Budi, ada beberapa prioritas pekerjaan tanggung jawab dari jabatan seorang Kepala Dusun, yakni Melakukan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dalam menunjang kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan Desa.

    “Alhamdulilah berdasarkan hasil Laporan dari 29 Kepala Dusun yang ada di 8 desa Kecamatan Kecamang, saat ini masyarakat Kemang sudah menunjukan rasa kesadaran yang tinggi pada pembangunan wilayah. Untuk itu sesuai arahan Pak Camat Kemang Rameni, S.STP, M.Si saat memberikan arahan dan motivasinya pada giat Apel Pagi dihadapan 8 sekretaris Desa, 29 Kepala Dusun, anggota Pol PP Kecamatan dan Staff, Kecamatan Kemang ingin menumbuhkan spirit kepada semua yang terlibat dalam kepemerintahan, adalah sebagai pelaku sejarah pembangunan Desa,” tukasnya.

    Imam Hermawan Sekretaris Desa Pondok Udik menambahkan, saat ini kedudukan seorang Kepala Dusun sudah masuk legalitas perangkat desa. “Yang tidak lain dan tidak bukan, jabatan seorang Kepala Dusun sudah punya Tupoksi sesuai aturan, bahkan sudah mempunya Gajih bulanan yang ditetapkan oleh desa,” pungkasnya.

    Sementara dalam Sambutannya pada Giat Apel Pagi yang berlangsung di halaman kantor Kecamatannya, Rameni, S.STP, M.Si Camat Kemang berharap, Peran Kepala Dusun di setiap wilayah desa dapat menjadi Ujung Tombak pengkordinasian serta menjadi contoh tauladan dalam membina kerukunan di masyarakatnya.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kabupaten Bogor

    +