• Jelajahi

    Copyright © IndateNews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Antisipasi Musim Kering, Kementan Tebar Pompa Air

    Indate News
    16/05/24, Mei 16, 2024 WIB Last Updated 2024-05-15T22:32:45Z


    indate.net-BOGOR - Pemkot Bogor melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Per­tanian (DKPP) menerima Bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dua unit pompa air dari Kementerian Pertanian (Kementan) di halaman Kantor DKPP Kota Bogor, pada Rabu (15/5/2024).


    Hadir dalam penyerahan Pj Wali Kota Bogor Hery Antasari, Dandim 0606/Kota Bogor Kolonel Inf Fikri Ferdian, Sekda Kota Bogor Hj Syarifah Sofiah Dwikorawati dan Kepala DKPP Kota Bogor Chusnul Rozaqi.


    “Ya, ini program nasional ya, tidak cuma di Kota Bogor. Jadi sependek ingatan saya, ini bukan yang pertama kalau bantuan. Tapi bentuknya mungkin yang lebih massal dan melibatkan banyak pihak di tingkat pusat dan daerah, termasuk pelibatan TNI,” ungkap Pj Wali Kota Bogor Hery Antasari.


    Herry menjelaskan, bahwa para penerima bantuan ditentukan berda­­sarkan verifikasi dari balai pertanian. Namun, pengajuannya tentu saja dilakukan oleh kelompok tani dan pemerintah daerah setempat.


    “Jadi untuk kategori daerah tertentu yang memang memerlukan, itu sudah ditentukan dari pusat dari balai pertanian. Sementara baru dua mesin pompa air, sementara itu kebutuhan kami ada 11. Itu sebetulnya yang sudah kami identifikasi ada 11,” jelasnya. “Satu alat, buat satu ke­­lompok tani. Sementara seperti itu. Satu pompa untuk satu kelompok tani,” imbuhnya.


    Sementara itu, Dandim 0606/Kota Bogor Kolonel Inf Fikri Fer­­dian mengatakan, pihaknya telah mendampingi DKPP untuk memas­­tikan bahwa bantuan ini berarti dan pihaknya harus membuktikan bahwa dengan diberikannya pompa, maka indeks IP menjadi 2.


    “Biasanya saat musim kering tidak menanam, tapi dengan ada bantuan pompa ini bisa menanam. TNI bersama DKPP memastikan teman-teman petani pompa yang diberikan beroperasional, saat musim tanam juga bisa menanam sesuai dengan rencana,” tegasnya.


    Di tempat yang sama Kepala DKPP Kota Bogor, Chusnul Rozaqi mengatakan, program ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman yang sudah meneken nota kesepahaman (MoU) untuk mendukung pembangunan di bidang pertanian.


    “Untuk kali ini baru dua kelompok tani yang mendapatkan bantuan pompa air, Pasir Jaya dan Situ Gede. Tapi mungkin sementara sekarang baru dua. Kami sedang mengajukan lagi satu yang lain. Termasuk akan berbicara lebih dalam teknis mengenai dukungan-dukungan di lapangannya. Karena ada beberapa sarana prasarana pendukung yang perlu kami siapkan juga di la­pangan,” pungkasnya.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kabupaten Bogor

    +