Iklan

Grand Launching “Varuna”: Theatrical Underwater Dining Pertama di Indonesia!

Indate News
24/02/24, Februari 24, 2024 WIB Last Updated 2024-02-24T04:42:18Z


indate.net-Bali-Menjadi hari bersejarah bagi Taman Safari Bali dengan peluncuran “Varuna”, pertunjukan teatrikal bawah air pertama di Indonesia yang spektakuler. Varuna mengajak Anda dalam sebuah perjalanan imersif yang memadukan kisah menarik, pertunjukan air yang memukau, dan hidangan lezat dalam satu atmosfer eksotis Taman Safari. Mengukir kesuksesan soft launching di 20 December 2023, kali ini Taman Safari Bali dengan bangga meluncurkan Grand Launchingnya di tanggal 25 Feb 2024!

Varuna bukan hanya tentang pertunjukan; ini adalah manifestasi dari kreativitas dan komitmen Taman Safari Bali dalam menyuguhkan pengalaman yang luar biasa bagi pengunjung dari berbagai penjuru dunia. Ini adalah langkah besar dalam dunia hiburan dan pariwisata, menetapkan standar baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Mengapa Varuna Begitu Istimewa?

Alexander Zulkarnain, Vice President Media Event & Digital Taman Safari Indonesia mengatakan, “Bali merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di dunia karena keindahan lautnya, pada tahun 2023 saja sudah lebih dari 4,5 juta wisatawan yang datang ke Bali. Maka dari itu, Taman Safari Bali ingin mengemas keindahan bawah laut Bali lewat Varuna yang menawarkan pengalaman bersantap sambil menyaksikan pertunjukan teatrikal bawah air pertama di Indonesia bagi wisatawan domestik dan mancanegara,” Varuna berlokasi di Taman Safari Bali, yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali. Taman ini memiliki luas sekitar 50 hektar dan menampung lebih dari 2.500 hewan dari berbagai belahan dunia. 


Di Varuna, para tamu akan diajak untuk merasakan sebuah petualangan sensorik, dengan menyantap hidangan lezat sambil menyaksikan pertunjukan yang memesona. Narasi Varuna digambarkan secara apik melalui perpaduan menawan antara animasi potongan kertas, pedalangan, dan pertunjukan yang memikat dari Penasihat Teknikal kenamaan dunia Peter Wilson.


Sebagai pertunjukan kelas dunia, Varuna mengintegrasikan upaya keberlanjutan dan konservasi kehidupan laut dalam seluruh pertunjukannya dalam sebuah panggung seluas 122 meter persegi. Di mana teknologi dan pertunjukan yang ditampilkan selalu terlebih dahulu memperhatikan keadaan serta kelestarian satwa di sekitarnya.


“Potensi wisata bali yang luar biasa tak hanya terletak pada alamnya yang indah, melalui Varuna kami menawarkan pengalaman yang tak terlupakan dengan atraksi berkelas internasional memadukan pertunjukan bawah air dengan mermaid, teatrikal berpadu dengan kearifan lokal yang akan menarik wisatawan dalam dan luar negeri. Varuna dihadirkan untuk memberikan nilai tambah bagi pariwisata Bali sehingga menarik perhatian dunia internasional, sebuah destinasi atraksi wisata yang menarik kunjungan wisatawan asing ke Bali yang tahun ini ditargetkan sebanyak 7 juta orang, Varuna menjadi pilihan utama wisatawan domestik dan asing diluar dari tempat wisata alam dan beach club yang saat ini menjadi andalan di Bali. Varuna menjadi simbol bahwa Indonesia bisa memiliki atraksi wisata dipadu dengan pengalaman gastronomi berkelas dunia.” tutup Alex.


Integrasi Seni dan Budaya:

Pertunjukan Varuna diperkaya dengan kekayaan budaya Bali melalui kerja sama dengan seniman lokal dan internasional terkemuka.  “Kami telah bekerja sama dengan beberapa seniman ternama di Bali untuk membawa nuansa Bali yang telah terkenal di dunia, sehingga harapan kami Varuna dapat menjadi tolak ukur pertunjukan kelas dunia di Indonesia,” tambah Hans Manansang Direktur Marketing Taman Safari Indonesia Group.

The Exciting Marine Bali akan menjadi kompleks wisata bawah air kelas internasional sehingga bisa menarik wisatawan mancanegara dan menjadi atraksi wisata yang ditunggu sekaligus tempat edukasi marine life. 

“Kehadiran Varuna diharapkan dapat menjadi kick-off yang baik sebelum pembukaan The Exciting Marine Safari Bali di tahun 2024 nanti dan dapat meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Taman Safari Bali.”ujar Hans.

Apa Kata Mereka yang sudah menonton Varuna?  “Sensasi Varuna tak terlupakan, sebuah must-see di Bali!” - Siauw Rouline Janiz (@roulineee).  “Pengalaman makan dalam pertunjukan Varuna itu unik, luar biasa!” - Alexander Thian (@amrazing).

Dapatkan Pengalaman Unik Anda 

Varuna menawarkan lebih dari sekedar pertunjukan; ini adalah perjalanan yang akan mengubah cara Anda melihat keindahan alam dan budaya. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari sejarah. Pesan tiket Anda sekarang di www.tamansafari.com/varuna dan saksikan keajaiban yang hanya bisa ditemukan di Varuna, hanya di Taman Safari Bali. Explore more the journey: Instagram @varunabali 


Tentang Taman Safari Bali 

Taman Safari Bali adalah taman satwa liar dan pusat konservasi terkenal di dunia yang terletak di pulau Bali. Dengan komitmen mendalam terhadap pelestarian satwa liar dan penciptaan pengalaman tak terlupakan, Taman Safari Bali terus memimpin dalam menggabungkan konservasi dan hiburan.

Tentang Taman Safari Indonesia.

Taman Safari Indonesia adalah tempat wisata keluarga berwawasan lingkungan yang berorientasi pada habitat satwa di alam bebas. Unit bisnis Taman Safari Indonesia tersebar di beberapa daerah di Indonesia seperti Taman Safari Bogor, Taman Safari Prigen, Solo Safari, Bali Safari & Marine Park, serta Jakarta Aquarium & Safari. 


Taman Safari telah mendapatkan beberapa penghargaan seperti Lembaga Konservasi Terbaik, Indonesia Green Award, Sapta Pesona Award, Best Indonesia Travel And Tourism Award, Satyalancana Pembangunan Award, dan penghargaan lainnya.

Media Contact: Inneke Ficianirum Head of Marketing Taman Safari Bali  Telp : 0811-353-8515 Email: marketing@balisafarimarinepark.com 

TIM KREATIF DI BALIK HADIRNYA VARUNA

Peter Wilson, sutradara dan penulis jenius dari pertunjukan Varuna. Cerita visioner yang ia bawakan telah menghidupkan kisah Varuna dengan cara yang memukau. Patrick Larsen, Desainer Produksi, yang desainnya telah mengubah ruang pertunjukan menjadi dunia bawah laut yang memesona.


Benoit Jutras, komposer kelas dunia asal Kanada, yang musiknya yang menggetarkan telah menjadi jiwa dari perjalanan show Varuna. Komposisi musiknya telah meningkatkan pengalaman penonton yang memadukan emosi dan narasi ke dalam simfoni yang beresonansi dengan kedalaman lautan. 


Elwin Hendrijanto, Co Composer, yang musiknya yang menggugah telah menjadi detak jantung perjalanan malam ini. Ian Knowles, sang Koreografer, yang mengorkestrasi gerakan-gerakan memukau yang telah membawa keluwesan dan keanggunan pada kisah Varuna.


Jerome Maurel, Koreografer Pemeran Sirkus, yang karyanya sangat inovatif dan telah menambahkan dimensi yang mendebarkan pada pertunjukan Varuna.


Made Sidia, Koordinator Pemeran - Direktur Sanggar Paripurna, yang kontribusinya telah menambah keunikan dan kedalaman budaya pada produksi Varuna.


Pencahayaan yang memukau yang menerangi dunia bawah laut dalam show Varuna adalah hasil karya Tom Willis, Desainer Pencahayaan kami, yang keahliannya telah menerangi dunia dalam kisah Varuna.


Kecemerlangan Desainer Teater kami, Craig Gamble, tidak bisa dilupakan. Bakatnya yang luar biasa dalam desain teater telah memberikan panggung yang tidak hanya menceritakan sebuah kisah tetapi juga mewujudkan semangat Varuna.


Dan tentu saja, sajian kuliner yang lezat dan memukau, di bawah bimbingan ahli Chef I Made Ardana, sungguh luar biasa. Hidangannya yang inovatif dan penuh cita rasa telah membawa kami dalam sebuah perjalanan gastronomi yang tak terlupakan dan mempesona seperti kisah Varuna.


FACT SHEET:

A. Varuna, suatu tempat baru unik yang terletak di dalam Taman Safari Bali. Menyambut para tamu untuk memulai perjalanan mendalam ke dunia bawah laut yang mempesona. Dimana pertunjukan teater yang memikat dan santapan yang luar biasa dipamerkan. kisah pangeran laut yang memikat dihidupkan dengan jelas melalui pengalaman unik ini, yang ditampilkan dalam teknologi multimedia yang canggih, musik yang memikat, stagecraft yang luar biasa, sound system dan pencahayaan yang canggih yang diciptakan oleh penasihat terkenal di dunia, Petter Wilson.

B. Varuna cast berjumlah 36 performers, aquarium panjang 20 m, lebar 9 m, tinggi 6,8 m. Pa

C. Varuna Berlokasi di Taman Safari Bali, Jl. Bypass Prof Dr Ida Bagus Mantra Km 19, SeroGianyar

D. Taman Safari Indonesia memiliki lebih dari 8.700 hewan, 400 spesies, dan dikunjungi oleh lebih dari 5 juta pengunjung setiap tahunnya. Dengan kontribusinya dalam menyelamatkan, memulihkan, dan melepaskan ribuan hewan ke alam liar sejak tahun 1980, TSI telah menjadi salah satu organisasi konservasi dunia untuk hewan endemik Indonesia dan spesies terancam dunia. TSI sebelumnya telah memperoleh 4 sertifikasi internasional dan 16 penghargaan nasional untuk pusat konservasi dan rekreasi.

E. Taman Safari Indonesia membuka area konservasi hewan pertamanya, yaitu Taman Safari Bogor di Cisarua, Bogor, Jawa Barat pada April 1986. Setelah satu dekade, TSI berkembang dengan mendirikan Taman Safari Indonesia Jawa Timur di Prigen, Pasuruan, Jawa Timur pada Desember 1997. Dengan kesuksesan kedua area tersebut, mendorong TSI untuk membangun area konservasi lainnya, yaitu Bali Safari Marine Park, Safari Beach Jateng, Jakarta Aquarium & Safari, dan waralaba terbarunya, Solo Safari. TSI juga mengelola beberapa unit bisnis untuk memenuhi kebutuhan pariwisata, seperti Royal Safari Garden, Safari Resort, Baobab Safari Resort, Mara River Safari Lodge, dan Safari Wonders. TSI memiliki visi untuk menjadi area konservasi hewan sekaligus pariwisata berbasis pendidikan dan penelitian.

F. Taman Safari Indonesia memiliki 4 pilar utama, yaitu:

  • KONSERVASI (Sebagai organisasi konservasi terbesar di Indonesia, kami telah melakukan berbagai hal, mulai dari pengembangbiakan, pengembangbiakan di penangkaran, hingga pelepasan hewan ke alam liar)
  • PENDIDIKAN (Melakukan pengadaan dan pelatihan serta menyajikan presentasi hewan kepada masyarakat)
  • PENELITIAN (Kami selalu melakukan penelitian untuk mengembangkan inovasi dalam pelestarian alam)
  • REKREASI (Kami adalah taman satwa dan tempat wisata terkemuka di Indonesia)

G. Area terluas adalah TSI Prigen dengan luas lebih dari 350 hektar.

H. Funzone & Waterpark (kami tidak hanya memiliki wisata safari, tetapi juga funzone dan                         waterpark)

I. Atraksi/Hiburan: 

  • Tsavo Lion (di Mara River Safari Lodge / Bali Safari & Marine Park) serta Makunde Restaurant (di Solo Safari)
  • Sarapan dengan Jerapah dan menikmati menginap di hotel yang dikelilingi oleh Savana Afrika (di Baobab Safari Resort/Taman Safari Indonesia Prigen, Jawa Timur)
  • Pertunjukan Bali Agung, pertunjukan budaya spektakuler yang menampilkan lebih dari 150 penari dan musisi Bali, serta perpaduan seni teater tradisional dan modern (di Bali Safari & Marine Park)
  • Pertunjukan Pearl of the South Sea & kolam sentuh di Living Planet terbesar dalam ruangan (Aquarium dan Safari) di Indonesia, yaitu Jakarta Aquarium & Safari (JAQS)
  • Safari di Pantai (Safari Beach Jateng)
  • Tarian Api & Night Safari (nikmati pengalaman safari di malam hari) - (TSI Bogor, TSI Prigen, Bali Safari & Marine Park).
  • Memberi Makan Hewan (Jerapah, Meerkat, Harimau, Singa, Panda Merah, dll)
  • Safari Journey (dapatkan pengalaman berkeliling dan berinteraksi lebih dekat dengan hewan)
  • Safari Journey dengan mobil buggy (dapatkan pengalaman dengan mobil buggy sambil memberi makan hewan di Safari Resort)

J. Informasi satwa:

  • Pelepasan Hewan, contohnya: jalak Bali, elang Jawa, komodo, penyu, lumba-lumba, dll.
  • Berita terbaru: Bayi badak baru lahir antara Ramadhan & Jumat Agung pada tahun 2023, sehingga kami memberi nama Ramadani Agung.
  • Hewan Endemik Indonesia di TSIG:
1. Burung Cendrawasih.
2. Harimau Sumatera (Hewan terancam dari daftar IUCN).
3. Gajah Sumatera (Hewan terancam dari daftar IUCN).
4. Orangutan Sumatra (Hewan terancam dari daftar IUCN).
5. Tapir Asia (Hewan terancam dari daftar IUCN).
6. Jalak Bali (Hewan terancam dari daftar IUCN), dll.


Komentar

Tampilkan

Terkini

Kabupaten Bogor

+