Iklan

Kapolda Jabar Resmikan Sat Pam Obvit Polresta Bogor Kota

Indate News
20/12/23, Desember 20, 2023 WIB Last Updated 2023-12-20T04:10:15Z


indate.net-Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus, meresmikan Satuan Pengamanan Objek Vital (Sat Pam Obvit) Polresta Bogor Kota di Mapolresta Bogor Kota, Jalan Kapten Muslihat Kota Bogor pada Selasa (19/12/2023) siang.


Sat Pam Obvit sendiri merupakan satuan yang dikembangkan dari satuan Samapta Bhayangkara (Sabhara). Pembentukan Sat Pam Obvit Polresta Bogor Kota dinilai penting, mengingat banyak objek vital nasional dan juga destinasi wisata berskala nasional yang ada di wilayah Kota Bogor.


Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso mengatakan, Sat Pam Obvit sendiri nantinya akan bertugas di seputaran objek vital.


Sat Pam kan mengamankan masyarakat dan menjaga ketat hasil pembangunan objek vital nasional sampai objek wisata pun termasuk Istana Bogor.


"Di Kota Bogor, objek vital itu ada pipa PDAM, Pertamina, Perusahan Gas Negara (PGN), dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) serta istana Bogor. Objek vital ini objek yang bermanfat bagi hajat hidup banyak orang," tutur Bismo.


Bismo melanjutkan, di Kota Bogor, Sat Pam Obvit ini memang sangat dibutuhkan saat ini untuk menjaga objek vital.


Apalagi, baru-baru ini, salah satu objek vital di Kota Bogor yakni, pipa PDAM dirusak dengan klaim melintasi tanah warga.


Bismo menambahkan, personel Sat Pam Obvit ini nantinya akan patroli ke objek-objek vital di Kota Bogor.


" Di Polresta ada 48 personel. Mereka (personel) dilengkapi dengan mobil patroli dari Polda Jabar. Tidak hanya itu, ada mobil listrik, metal detector, sampai sepeda patroli," jelas Bismo.


"Jadi mereka sifatnya patroli dan mobile ke objek vital," tambah Bismo.


Sementara itu, Direktur Pam Obvit Polda Jabar, Kombes Pol M Hidayat mengatakan, Satuan ini kedepannya akan terus dikembangkan.


Sebab, di daerah Jawa Barat sendiri, masih banyak objek vital yang belum terawasi. Baru ada 168 objek vital yang terawasi dari 629 objek yang sudah ada di Jawa Barat


"Baru ada 4 Satpam di Polda Jawa Barat. Mulai dari Polrestabes Bandung tahun lalu. Tahun ini, ada Polresta Bogor Kota, Polresta Bandung, dan Polres Karawang," kata Kombes Pol M Hidayat dalam sambutannya.


Menurut Kombes Pol Hidayat, dalam memaksimalkan tugas, Polda Jabar sendiri akan menggelontorkan anggaran lebih kepada Polresta Bogor Kota.


" Anggaran ini diberikan untuk pemenuhan SDM serta logistik yang diperlukan,"pungkasnya.(*/Ian)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Kabupaten Bogor

+