• Jelajahi

    Copyright © IndateNews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Januari 2024, Pasar Jambu Dua Mulai Operasional

    Indate News
    17/11/23, November 17, 2023 WIB Last Updated 2023-11-17T05:45:31Z


    indate.net-BOGOR - Komisi II DPRD Kota Bogor melakukan inspeksi men­­dadak (sidak) ke lokasi Tempat Penampungan Sementara (TPS) pedagang Pasar Jambu Dua dan pembangunan pasar modern Jambu Dua, Kecamatan Tanah Sareal, Kamis (16/11/2023). 

    Hasilnya Komisi II menitipkan agar para Pedagang Kaki Lima (PKL) juga pedagang eksisting pasar Jambu Dua dan Pasar Bogor pindah ke Pasar modern Jambu Dua. Dewan juga memprediksi bangunan Pasar Modern Jambu Dua, akan menjadi pasar dengan bangunan yang megah, bersih dan harga yang murah untuk para pedagang. 

    Sehingga para wakil rakyat meng­­apre­siasi pihak PT Bogor Artha Makmur (BAM) yang tengah mem­­bangun pasar yang bisa menampung 1.141 pedagang ini. Peruntukan kios Pasar Modern Jambu Dua ini sementara terdiri dari sekitar 800 pedagang Pasar Bogor dan sekitar 300 pedagang lama Pasar Induk Jambu Dua.

    Ketua Komisi II DPRD Kota Bogor, Anita Primasari Mongan menuturkan, pihaknya mengecek pembangunan pasar modern Jambu Dua sudah sejauh mana kesiapan para pedagang Pasar Bogor bisa pindah ke Pasar Jambu Dua. Dipertanyakan juga batas akhir pembangunan kapan.

    “Ya, ternyata saat kami di lapangan sudah naik semua dan Desember 2023 pembangunan selesai. Untuk bisa ditempati oleh seluruh pedagang paling lambat bulan Januari 2024. Kami juga cek ke pengembang nya, pedagang tadi banyak yang sudah daftar. Kapasitas pasar nanti bisa untuk 1.141 pedagang, nah untuk yang daftar baru 300 lebih saja. Maka diharapkan Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) mendorong agar pedagang segera mendaftar,” ungkap Antia didampingi Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Bogor Jatirin dan Sekretaris Komisi II DPRD Kota Bogor kepada wartawan usai sidak.

    Anita memaparkan, pihaknya juga menampung keluhan pedagang, yang utama keluhan pedagang Pasar Bogor yang menyampaikan jauh jarak pindahnya. Namun, untuk DP kios sangat ringan dan fleksibel sekali. Ada beberapa bank juga yang siap mendukung pedagang untuk mengambil kios.

    “Saya lihat ini sangat bagus kualitas bangunan nya, tinggi jadi tidak pengap, sirkulasi udara bagus, lantai dasar juga ditinggikan 80 centimeter dari bibir sungai. Kemudian ada penutup atau pembatas dengan bibir sungai, sehingga  bebas banjir. Selain itu PKL ditangani dengan batas tembok yang nanti akan dibuat, jadi tidak ada yang masuk,” tuturnya.

    “Untuk teknis struktur bangunan nyaman, detailnya mungkin nanti komisi III yang bisa jelaskan. Semua sisi merupakan bagian depan, jadi sekeliling sama saja. Atas dan bawah sama juga,” pungkas Anita.

    Sementara itu, Direktur PT. Bogor Artha Makmur (BAM), MH Ages menuturkan, progres pasar Jambu Dua lantai dasar selesai bulan Desember 2023 agar pedagang pasar Bogor pindah ke sini. Saat ini pembangunan sudah mencapai 58 persen nanti Desember 2023 ditargetkan 85 persen, jadi bisa diisi terlebih dahulu oleh pedagang.

    “Untuk kekurangan 15 persen itu meliputi Fasilitas Sosial (fasos dan fasum) sekelilingnya dan tidak menganggu aktivitas. Kami Sesuai perintah wali kota Desember 2023 selesai, maka pihak bekerja 24 jam digeber. Besi rancang disini dan beli mentah agar selesai tepat waktu. Kami pakai granit lantainya. Ini buat saya spesial, mahal betul tapi ingin buat percontohan pasar,” tuturnya.(*)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kabupaten Bogor

    +