Iklan

Puluhan Peserta Didik Ikuti ANBK di PKBM Bakti Nusa

Indate News
03/09/23, September 03, 2023 WIB Last Updated 2023-09-03T12:38:32Z


indate.net-Puluhan peserta didik PKBM Bakti Nusa - Jurnalis satu gelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di gedung PKBM Desa Sukamantri, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Minggu (03 September 2023).

Tujuan dilangsungkannya ANBK adalah sebagai acuan untuk pemetaan mutu pendidikan pada sekolah formal dan non formal.

Kegiatan yang dilangsungkan selama sepekan di PKBM Bakti Nusa dibagi menjadi tiga sesi perhari dan diikuti oleh 44 siswa siswi yang dipilih secara acak oleh Kemendikbud Ristek.

"Ada 168 lembaga sudah melaksanakan ANBK sejak Senin kemarin dan pelaksanaan ujian sudah selesai dengan sempurna tanpa ada kendala," ujar Kepala Seksi Kurikulum Dan Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor" Rony Kusmaya disaat kunjungan ke PKBM Bakti Nusa Kecamatan Tamansari Desa Sukamantri.

Ketua Forum Wartawan Jurnalis Satu Yudi Surahman yang merupakan mitra PKBM Bakti Nusa di Program Sekolah Gratis menyampaikan, Ini adalah salah satu bukti kontrol belajar siswa siswi dari gerakan kolaborasi kami

"Meskipun sekolah gratis bukan berarti pengelolaan pendidikan asal asalan, namun kami menuntut agar peserta didik harus mau lebih giat belajar dan mengerjakan tugas karena siswa siswi Jurnalis Satu pun ikut hadir dalam giat ANBK ini," ujarnya.

Sementara Muhammad Afhan Ketua PKBM Bakti Nusa Muhammad Afhan menambahkan, salah satu kontrol belajar yang kami juga lakukan adalah peserta didik dengan persentase pengerjaan tugasnya tidak memenuhi standard minimum dan tidak menghiraukan follow up dari tutor tutor kami, akan mendapat SP (Surat Peringatan) yang bisa berujung pada tidak naik kela," jelasnya.

Program ini juga mengajarkan life skills Jurnalistik dengan Forum Wartawan Jurnalis Satu, pengenalan dunia usaha dengan APSAI (Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia) yang memiliki 50 lebih perusahaan anggota Di Bogor Raya disamping ekskul Pramuka, dan Olah Raya serta Budaya Sunda.

Hasil dari kontrol ini agar lulusan PKBM Bakti Nusa menjadi calon SDM berprofil Pancasila, cinta tanah air, dan siap kerja," ungkapnya.(*)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Kabupaten Bogor

+