Iklan

Jajanan Ciki Ngebul Berbahaya, Pemkab Bogor Minta Orang Tua Awasi Asupan Makanan Anak

Indate News
13/01/23, Januari 13, 2023 WIB Last Updated 2023-01-13T16:16:02Z


indate.net-CIBINONG – Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan, meminta para orang tua di Kabupaten Bogor untuk lebih mengawasi asupan makanan anak. Terutama pada jajanan ciki bernitrogen atau yang dikenal dengan ciki ngebul yang kini tengah menjadi sorotan. Hal tersebut dikatakan Iwan menyusul adanya temuan kasus sejumlah siswa sekolah dasar di Tasikmalaya yang diduga keracunan nitrogen cair usai mengkonsumsi ciki ngebul.

“Dengan adanya kasus yang sudah terjadi (daerah lain) tentu ini harus jadi perhatian serius. Sekolah, orang tua juga harus aware, lebih diawasi jajanan anak-anak,” kata Iwan kepada wartawan, Kamis (12/1/2023). Terlebih, lanjut Iwan, jajanan tersebut sudah ada beberapa kajiannya, salah satunya dari IPB.

Dari kajian itu, disebut bahwa kandungan nitrogen cair dalam jajanan tersebut seyogyanya bukan untuk tambahan makanan untuk dikonsumsi. “Mungkin buat anak-anak cukup menarik karena ngebul. Tapi kan justru itu berbahaya,” ungkap Iwan.

Dia pun akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) terkait diperlukan atau tidaknya edaran terkait jajanan ini. “Antisipasi harus dilakukan jangan sampai menunggu ada kasus. Untuk itu saya juga akan meminta dinas terkait untuk melakukan pengawasan dan mengambil langkah-langkah antisipasi,” tandas Iwan.(*)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Kabupaten Bogor

+