Iklan

Cigudeg Diterjang Gempa Bumi dengan kekuatan magnitudo M4,7

Indate News
15/01/23, Januari 15, 2023 WIB Last Updated 2023-01-15T03:10:22Z


indate.net-CIBINONG – Gempa bumi terjadi di wilayah Kabupaten Bogor, tepatnya di Kecamatan Cigudeg, Minggu (14/1/2023) sekitar pukul 03.32 WB. Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M4,7 dengan kedalaman 146 kilometer.

Dari data BMKG, gempa bumi tersebut menimbulkan guncangan di daerah Cikeusik, Bogor dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), daerah Jasinga, Bogor dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” tulis BMKG dalam keterangan persnya. Namun demikian, BMKG menyatakan bahwa gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami. BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” tutup BMKG.(*)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Kabupaten Bogor

+