-->
  • Jelajahi

    Copyright © IndateNews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Paguyuban Kandaga Urang Sunda, Gelar Halla Bihalal

    Indate News
    21/05/22, Mei 21, 2022 WIB Last Updated 2022-05-21T13:34:58Z


    indate.net-Paguyuban Kandaga Urang Sunda mengadakan halal bihalal bersama puluhan organisasi kasundaan, di Bumi Ageung, Jalan Raya Batutulis, Kelurahan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Sabtu, 21 Mei 2022.

    Pada kesempatan itu, turut dihadiri langsung Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim, Camat Bogor Selatan, Hidayatulloh, Lurah Batutulis Idrus, beserta puluhan paguron dan organisasi kasundaan yang ada di Bogor Raya. 

    Ketua Umum Paguyuban Kandaga Urang Sunda, Shahlan Rasyidi mengatakan, ini kegiatan halal bihalal, karena selama ini Kandaga vakum dan baru aktif kembali. 

    "Paguyuban Kandaga Urang Sunda didirikan pada tanggal 25 Juni 2005 yang diprakarsai oleh para sesepuh kita diantaranya, Pak Rena, Pak Thamrin dari Kabupaten Bogor, sementara di Kota Bogor oleh Pak Jiji, Pak Alm Herman (wartawan senior) dan Gugum," kata Shahlan

    Shahlan menjelaskan bahwa Paguyuban Kandaga Urang Sunda itu merupakan salah satu wadah organisasi bagi pecinta organisasi kasundaan seperti seni Sunda, sejarah, dan ada juga bahasa. Jadi ini harus diaktifkan kembali dan harus dibangkitkan agar kesenian dan budaya sunda dapat dilestarikan demi regenerasi bangsa yang ada di Jawa Barat.

    "Kita Kandaga Urang Sunda itu mewadahi 90 organisasi serta para seniman ada di sini dan hari ini kita kumpul untuk melakukan halal bihalal," ujar Shahlan yang kini menjabat Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintah pada Pemerintah Kota Bogor.

    Kemudian, lanjut Shahlan, di Kandaga Urang Sunda juga memiliki program di bidang ekonomi dengan tujuan agar taraf ekonomi yang ada didalamnya dapat meningkat.

    Ditempat yang sama, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim sangat mendukung dengan adanya Paguyuban Kandaga Urang Sunda. Sebab, lanjutnya, di sini merupakan wadah para seniman dan juga budayawan yang didalamnya terdapat sesepuh Bogor. 

    Ia berharap, adanya Kandaga Urang Sunda ini bisa berkolaborasi dan menyatukan hati serta pikiran bagaimana memajukan Kota Bogor kedepannya yang lebih baik lagi.

    "Harapan-harapan ini harus terukur dan bisa dikordinasikan supaya tidak liar, dan Paguyuban Kandaga urang Sunda ini mudah-mudahan terorganisir dan bisa menghasilkan manfaat bagi warga Kota Bogor," harap Dedie.(*) 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kabupaten Bogor

    +