Iklan

Ketua Umum Paguyuban Kawani Bogor Sendi Fardiansyah Luncurkan Program Sendi Farm

Indate News
25/02/24, Februari 25, 2024 WIB Last Updated 2024-02-25T02:42:01Z


indate.net-Sebanyak 233 orang dari Kelompok Wanita Tani (KWT), Kelompok Tani Dewasa (KTD) dan Kelompok Taruna  Tani (KTT) di kota Bogor menghadiri acara peluncuran program Sendi Farm.



Kegiatan yang digagas oleh paguyuban Kreatif Aktif Berwawasan dan Inovatif (Kawani) ini mengusung tema "Tani Hapi Sandi Farm" di gelar di Arana Farm  Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor pada Sabtu  24 Februari 2024 pagi.



"Hari ini kita meluncurkan program sendi farm untuk mendukung mensukseskan bagaimana kelompok-kelompok tani masyarakat bukan hanya bisa berkebun tapi juga nantinya bisa menghasilkan secara produktif menghasilkan secara ekonomi," kata ketua umum kawani Bogor Sendi Fardiansyah kepada wartawan, Sabtu  (24/02/2024).



Pria yang akrab disapa Kang Sendi menjelaskan, memang selama ini kelompok kelompok tani di masyarakat sudah ada, cuma satu kendalanya terutama modal, yang kedua tidak ada pembinaan dan yang ketiga bingung mau jualnya kemana.



"Sendi farm ini sebenarnya lebih kepada menjembatani antara produsen dan konsumen, kebetulan juga tadi kita sudah menghadirkan nara sumber dan sekaligus kita akan bekerjasama bagaimana sebenernya kebutuhan akan produksi dari perkebunan sangat tinggi sekali, bukan hanya ke pasar tradisional tetapi juga ke pasar modern, asal kemasannya bagus dan standarnya bagus itu bisa di jual sampai empat kali lipat harga nya," ucapnya.



Dengan adanya Sendi Farm, Kang Sendi juga mengaku akan terus mengupayakan masyarakat agar bertani dan berkebun itu bukan hanya sekedar hobi melainkan harus bisa menghasilkan ekonomi.



"Salah satunya upaya untuk mencari pasar yang potensial untuk produk pertanian atau perkebunan dari kelompok tani yang bertujuan untuk membantu para petani agar tidak bingung dalam memasarkan hasil pertaniannya. Tadi kita juga menawarkan kepada masyarakat termasuk petani yang selama ini hanya menghasilkan hasil kebunnya tidak banyak misalnya hanya dua atau tiga kilo, itu bisa dikumpulkan terlebih dahulu dan nanti akan kita jemput untuk penjualannya. Jadi selain menjembatani, Sendi Farm ini juga memudahkan petani untuk pemasarannya," tutur Kang Sendi 



Kata Pria yang digadang-gadang maju sebagai calon Wali Kota Bogor 2024 pada kontestasi Pemilu 2024, menambahkan, Sendi Farm juga akan memberikan program pelatihan dan pendampingan kepada kelompok tani agar mampu mengelola usaha pertaniannya dengan baik.



"Dengan adanya pembinaan ini diharapkan kelompok tani dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian mereka," pungkasnya. (Ian)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Kabupaten Bogor

+