• Jelajahi

    Copyright © IndateNews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Sungai di Kota Bogor Sudah Masuk Darurat Sampah

    Indate News
    15/01/24, Januari 15, 2024 WIB Last Updated 2024-01-15T13:49:18Z


    indate.net-Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar kegiatan bebenah Cisadane di Bendung Empang, Kecamatan Bogor Barat, akhir pekan lalu. Kedepan siapkan tungku pembakaran sam­pah sepanjang Cisadane untuk ku­rangi buang sampah ke sungai Ci­sadane, selain itu diajarkan juga ma­syarakat mengelola sampah. 


    Komandan Korem (Danrem) 061/Suryakencana, Brigjen TNI, Faisol Izuddin Karimi menuturkan, dari Korem, Pemkot Bogor, dan relawan sungai Cisadane bersama-sama kolaborasi menyusuri aliran sungai Cisadane. Tadi bisa dlihat bersama masih perlu edukasi masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. Faisol berharap, pihaknya kedepan akan terus kolaborasi baik dengan Pemkot dan komunitas, tentunya terus melakukan kegiatan serupa diantaranya memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai Cisadane. 


    “Saat ini kita sedang darurat dan sedang berperang melawan sampah. Kami berharap semua pihak sama-sama ambil peran, walaupun ha­nya sedikit, tapi yakin apa yang dikerjakan akan bermanfaat jika kerjakan bersama-sama. Kami sudah punya pengalaman sebe­lumya di Tuban atau Lampung, kedepan kami coba pindahkan teknologi itu kesini. Dimana kami akan coba buat semacam tungku pembakaran sampah, yang akan kami gelar di sepanjang bantaran sungai Cisadane,” tuturnya.


    Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim menuturkan, yang pasti sih pihaknya harus mem­berikan perhatian lebih kepada sungai Cisadane, kenapa karena Cisadane ini memenuhi hampir 80 persen sumber air baku Kota Bogor. Jadi masyarakat Kota Bogor dari sumber air baku menjadi air yang layak dikonsumsi masyarakat, itu kan lebih murah, lebih sehat. Karena itu masyarakat jangan membuang sampah ke sungai Cisadane.


    “Kami juga kan harus tetap memilah mana yang namanya apa limbah, ada limbah rumah tangga, limbah pabrik dan sebagainya. Kemudian juga layak untuk kita cintai, ditingkatkan kesa­­darannya. Kita bersama pelihara, seperti kita memelihara apa namanya sesuatu yang kita sayangi. Sungai itu sudah memberikan banyak untuk kita dan kita juga harus memberikan timbal balik kepada Cisadane dengan sikap perilaku tidak buang sampah lagi dan tidak menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah,” tuturnya.


    Dedie menjelaskan, petunjuk tem­pat pembuangan sampah ini ini tuh belum ada pada pemukiman sini, tadi juga ada pemberian penghargaan kepada enam tokoh masyarakat yang berada di sepanjang sungai Cisadane dalam menjaga kelestarian sungai Cisadane.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kabupaten Bogor

    +