-->
  • Jelajahi

    Copyright © IndateNews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kelas Edukasi Tabulampot di Kebun Raya Bogor Sangat Diminati Siswa-Siswi Sekolah

    Indate News
    31/01/24, Januari 31, 2024 WIB Last Updated 2024-01-31T05:19:17Z

    indate.net-Apa itu tabulampot tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Tabulampot sendiri adalah proses penanaman tanaman buah di dalam pot. Cara yang satu ini cocok dilakukan bagi Anda yang ingin menanam tanaman buah, namun dengan lahan yang sempit atau terbatas.

    Kebun Raya sebagai pusat konservasi, memiliki lima pilar utama, yaitu konservasi, wisata alam, jasa lingkungan, penelitian, dan edukasi. Dalam menjalankan pilar edukasinya, kebun raya menyelenggarakan kelas edukasi dengan lebih dari 20 kelas latihan berkebun, salah satunya adalah Kelas Edukasi Tabulampot. Kelas ini secara khusus membahas penanaman tanaman buah dalam pot yang menjadi bagian integral dari upaya pelestarian alam dan edukasi lingkungan yang diusung oleh Kebun Raya. 


    Kelas Edukasi Tambulapot memiliki tujuan utama memberikan pendidikan kepada generasi muda mengenai kepentingan alam dan ekosistem, sekaligus membangun kesadaran lingkungan. Kelas ini terbuka untuk peserta ekolah dasar dari tingkat TK hingga SMA, mengakomodasi berbagai tingkatan usia sesuai dengan misi edukasi Kebun Raya. Dengan demikian, kelas ini bukan hanya sebagai sarana pembelajaran, tetapi juga sebagai wadah bagi peserta untuk memahami dan mengapresiasi hubungan yang erat antara manusia dan lingkungan alam sekitarnya. 


    Metode tabulampot sudah dikenal sejak tahun 1970-an menjadi solusi budidaya menanam dengan lahan terbatas terutama di daerah perkotaan. Seiring, berjalannya waktu, metode ini semakin berkembang baik variasi jenis tanamannya hingga penerapan teknologi, serta estetika tabulampot itu sendiri.


    Pembimbing dari Kebun Raya Bogor akan hadir dan berinteraksi langsung dengan peserta Kelas Edukasi Tabuampot. Peserta akan dibimbing oleh ahli tanaman mengenai berbagai aspek terkait tabulampot, termasuk jenis tanaman yang cocok untuk, cara menanam, dan tips perawatan yang disesuaikan dengan jenis tanamannya. Lebih dari sekadar memberikan pengetahuan, mereka akan memandu peserta dalam praktik langsung sehingga menciptakan pengalaman lengkap dalam Kelas Edukasi Tambulapot. Dengan demikian, peserta tidak hanya akan memperoleh pengetahuan, tetapi juga keterampilan praktis untuk menanam dan merawat tanaman buah dalam pot secara efektif. 


    Tanaman tabulampot yang dihadirkan dalam kelas ini mencakup berbagai jenis, seperti mangga, jeruk nipis, dan jambu air. Setelah menyelesaikan kelas, peserta memiliki kesempatan membawa pulang tanaman tabulampot yang telah mereka tanam sendiri selama sesi menanam tanaman dalam pot. Harga kelas dimulai dari Rp. 45.000 – Rp. 150.000 disesuaikan dengan paket yang dipilih, memberikan akses terjangkau untuk pengalaman belajar yang tak terlupakan. Hal tersebut adalah untuk mningkatkan kecintaan mereka terhadapat tumbuhan.

    GM Humas Kebun Raya Bogor, Zaenal Arifin mengatakan bahwa banyak sekali manfaat yang didapat oleh siswa untuk belajar tabulampot di kebun raya. Selain perawatannya yang mudah, tabulampot juga bisa dibudidayakan sebagai penghias rumah, pekarangan, maupuan taman di halaman rumah. 


    Selain itu juga tanaman yang ditanam di dalam pot membuat lingkungan nampak menjadi lebih rapih, bisa dijadikan sebagai penyegar ruangan pula. Untuk tahapan selanjutnya bahkan tabulampot bisa menjadi ladang usaha yang menghasilkan buah-buahan segar yang bisa dijual. 


    Bergabunglah dalam Kelas Edukasi Tambulapot di Kebun Raya, wujudkan kepedulian terhadap alam dan nikmati kebahagiaan yang tumbuh dalam setiap pot. Untuk mendaptkan informasi terkait Kelas Edukasi Tambulapot dapat menghubungi Visitor Center Kebun Raya atau melalui website  https://kebunraya.id/


    Yukk tunggu apalagi ayo ke Kebun Raya, untuk mengikuti berbagai program edukasi dapat menghubungi ke nomor 0251-8311362 / 0852-1566-8934 Visitor Center Kebun Raya Bogor.  Visitor Center Kebun Raya yaitu: Bogor: 0852-1566-8934 atau 0877-39428401 Cibodas: 0812-2466-7108 Purwodadi: 0811-9711-5900 Bali: 0811-9711-5933

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kabupaten Bogor

    +