Iklan

2.408 Anggota KPPS Se-Kecamatan Tamansari Bogor Dilantik

Indate News
25/01/24, Januari 25, 2024 WIB Last Updated 2024-01-25T12:47:33Z


Panitia Pemungutan Suara (PPS) melaksanakan pelantikan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se-Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Kamis 25 Januari 2024. Pelantikan ini sekaligus pembekalan persiapan Pemilu yang akan diselenggarakan pada 14 Febuari mendatang. 


Ketua PPK Tamansari Ahmad Permana mengatakan, hari ini serentak dilaksanakan pelantikan KPPS dan di Tamansari sendiri dengan jumlah TPS 344 di delapan desa melaksanakan pelantikan dengan total keseluruhan 2.408 anggota KPPS.


"Di mana pelantikan di bagi 4 titik, di gedung serbaguna Jimy Hantu, Gedung Pala, Gedung Vihara, dan Sukajadi berjalan dengan sukses dan lancar," ujarnya.


Dengan demikian, anggota KPPS di harapkan bisa menjalankan tugas dengan menjaga integritas dan netralitas agar berjalan sukses tanpa ekses.


Lanjut Ahmad, di samping pelantikan ada rencana pembekalan atau bimtek sesuai kebijakan KPU RI yang akan dilaksanakan pada 26 sampai 29 Januari 2024.


"Untuk di Tamansari sendiri on the road, karena cukup lumayan banyak orangnya, ada beberapa desa di bagi zona pelaksanaan Bimteknya," katanya.


Ahmad menjelaskan, bimtek sendiri adalah target pemahaman anggota KPPS untuk aplikasi sirekap, karena tahun 2024 menggunakan aplikasi sirekap sampai tingkat KPPS. Fungsi dan tugas KPPS sendiri meliputi dari pemungutan suara, dari awal perhitungan suara, persiapan persiapan yang harus dilakukan yang pertama, menyebarkan surat pemberitahuan atau C undangan kepada masyarakat, di mana pemberitahuan itu ada tanggal hari pencoblosan, jam mulainya dan pengumuman tempat pemungutan suara (TPS) itu untuk pra pemungutan suara.


"Nah, H- minus satu KPPS harus mendirikan TPS. Setelah itu hari H untuk pemungutan suara sehingga bisa sesuai rencana," paparnya.


Endingnya setelah pemungutan suara ada perhitungan suara ini yang finalisasi dari KPPS, dimana KPPS garda terdepan untuk pemilu 2024.


Perlu diketahui, didalam perhitungan suara menggunakan aplikasi sirekap untuk memudahkan KPPS juga, dimana untuk penghitungan melalui C1 Plano yang nantinya setelah beres penghitungan tiap surat suara akan di foto dan di upload di aplikasi sirekap.


Menghadapi cuaca ekstrim saat ini mudah mudahan di Tamansari tidak terjadi bencana baik yang di sebabkan curah hujan, tapi kita menghimbau kepada KPPS untuk mendirikan TPS di terbuka harus ada alternatif di geser ke ruangan tertutup ataupun menggunakan gedung sekolah.


"Karena KPU Kabupaten sudah kerjasama dengan Disdik gedung sekolah di gunakan untuk ruang TPS untuk mengantisipasi curah hujan agar aman," tandasnya. (*)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Kabupaten Bogor

+