Iklan

Jelang Pemilu, Keamanan Sekitar Istana Bogor Diperketat

Indate News
18/10/23, Oktober 18, 2023 WIB Last Updated 2023-10-18T00:36:33Z


indate.net-BOGOR - Forum Komunikasi Pim­pi­­­­nan Daerah (Forkopimda) Kota Bogor menggelar apel pasu­­kan pe­nga­manan Pemilu 2024, Selasa (17/ 10/2023). Ribuan per­­sonel diter­junkan mengan­­tisipasi kera­wanan dan gangguan kamtibmas.

“Kita gelar apel Operasi Mantap Brata untuk pengamanan Pemilu 2023 sampai 2024 nanti, sampai 20 Oktober 2024. Jadi, ini sebagai wujud kita siap mengamankan pesta demokrasi,” ungkap Kapolresta Bogor Kota Kombes Bismo Teguh Prakoso di GOR Pajajaran.

Bismo mengatakan, 3.000 lebih personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP, hingga Linmas diterjunkan untuk pengamanan selama Pemilu 2024. Rangkaian pengamanan mulai dari distribusi logistik, gudang lo­gistik, hingga kemudian PPK dan PPS. Wali Kota Bogor Bima Arya menambahkan, wilayah Kota Bogor merupakan tempat tinggal Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sehingga kondisi keamanan Kota Bogor berpengaruh besar bagi DKI Jakarta.

“Karena Bogor jadi domisili Pre­siden, juga kegiatan VVIP, ada tamu negara, ada pimpinan negara di sini, karena itu menjadi target utama kalau ada aksi-aksi massa ya. Saya kira itu yang paling utama harus diantisipasi,” tandasnya. “Yang kedua tentu karena Bogor ini juga kedekatan ya menjadi bagian dari Jakarta megapolitan, maka stabilitas di Kota Bogor juga sangat menentukan stabilitas di Jakarta dan sekitarnya,” sambungnya. Dan sebelumnya, dilakukan juga simu­­lasi pengamanan dalam kota (sispamkota) dan simulasi penga­manan Pemilu 2024. 

Simulasi sendiri dilakukan untuk memastikan kesiapan petugas dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada tahapan Pemilu 2024.

Giat simulasi tersebut digelar di halaman Mapolresta Bogor Kota.  “Jadi, Polresta Bogor Kota me­lak­sanakan apel Sispamkota meng­hadapi situasi kontijensi pemilu tahap inti, yang serentak dilak­sanakan pada tahun 2024 di wilayah hukum Polresta Bogor Kota dan dilanjutkan dengan simulasi Sispamkota juga,” ungkap Kapolresta Bogor Kota Kombes Bismo Teguh Prakoso, kepada wartawan, usai giat simulasi.

Tampak hadir dalam kegiatan simulasi Sispamkota, di antaranya Dandim 0606/Kota Bogor, Forko­pimda Kota Bogor, Dan Denpom III/I SLW, PJU Polresta Bogor Kota, Ketua MUI Kota Bogor, Kasat pol PP Kota Bogor, Kadishub Kota Bogor, Ketua KPU Kota Bogor, Ketua Bawaslu Kota Bogor.(*)


Komentar

Tampilkan

Terkini

Kabupaten Bogor

+