Iklan

GOM Baru Rencana Dibangun Secara Dua Tahap

Indate News
03/08/23, Agustus 03, 2023 WIB Last Updated 2023-08-03T11:32:01Z


indate.net-BOGOR-Pemkot Bogor akan mem­bangun Gelanggang Olahraga Masya­rakat (GOM) di Kecamatan Bogor Barat pada 2024.  GOM yang membutuhkan anggaran sekitar Rp8 miliar ini, akan memiliki fasilitas mulai dari lapangan terbuka, fasilitas fitness, serta fasilitas untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor, Herry Karnadi menjelaskan, fasilitas di GOM Bogor Barat akan mirip dengan yang ada di GOM Bogor Selatan dan Utara. Sehingga pembangunannya juga akan dilaksanakan dalam dua tahap. “Rencananya pembangunan (GOM Bogor Barat) akan di-dua tahapkan, seperti GOR Bogor Utara dan Selatan,” tegas Herry, Kamis (3/8/2023). Dikatakan dia, sejumlah fasilitas yang akan tersedia di GOM Bogor Barat antara lain gelanggang olahraga, fitness outdoor, tempat bermain anak, lapangan sepak bola, lapangan basket, tribun mini, dan taman.

Termasuk juga, kata Herry, pintu gerbang dan pos jaga, jalan dan trotoar, parkiran, taman mounding dan tugu, bangunan utilitas, dua plaza, area UMKM, dan kolam resapan. Herry mengatakan, me­tologi yang akan digunakan pada pembangunan GOM Bogor Barat ini akan sama dengan GOM Bogor Selatan. Yakni pada tahap pertama akan dibangun terlebih dahulu lapangan sepakbolanya. 

Baru kemudian dilanjut jogging track, toilet, ruang taman, ruang pengelola, lapangan basket serta jalan masuknya. 

“Tahap kedua (di tahun 2025) baru bikin GOR indoor nya. Rp8 Miliar sekian saya lupa berapanya untuk pembangunan di tahun 2024. (Anggaran) 2025 nanti setelah kita review lagi Detail Engineering Design (DED)-nya,” jelasnya.

Herry menyebut, konsep la­­pangan sepak bola di GOM Bogor Barat akan sama dengan lapangan di Taman Manunggal. Sehingga berbeda dengan lapangan di GOM Bogor Selatan dan Utara. “Sama seperti Manunggal, karena di Selatan terlalu besar, untuk di sini enggak cukup. Jadi kita bikin kaya yang Manunggal. Mungkin 80x45 meter” tandasnya.

Diketahui, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengatakan, Pem­­kot Bogor melakukan persiapan teknis dengan meninjau lahan lokasi pembangunan GOM, agar pembangunan nanti tidak terhambat. Sebab, rencananya Pemkot Bogor akan meneruskan pembangunan GOR Bogor Barat ini pada tahun anggaran 2024. Menurut dia, ke­­be­radaan GOM ini dinantikan oleh masyarakat. Sekaligus akan di­­pro­yeksikan juga sebagai sarana penunjang untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2026.(*)


Komentar

Tampilkan

Terkini

Kabupaten Bogor

+