• Jelajahi

    Copyright © IndateNews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Forum Jurnalis Satu Gelar Khataman Al-Quran Bersama Anak-Anak di Akhir Ramadan

    Indate News
    09/04/24, April 09, 2024 WIB Last Updated 2024-04-09T06:26:06Z


    indate.net-Forum Jurnalis Satu yang tergabung dari berbagai media lokal dan nasional di Bogor menggelar khataman Al-Quran bersama anak-anak Masjid Jami Al Hidayah, Pesanggrahan, Citeko, Cisarua Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Khataman Quran sendiri adalah selesainya membaca Al-Quran 30 juz selama 29 hari bulan Ramadan. 


    "Khataman Quran bersama ini sebagai kabar bahwa segala profesi apapun itu, tetap berpegang teguh pada dogma agama, sehingga tahu batasan aturan sebagai insan ciptaan tuhan," kata Ketua Jurnalis Satu, Yudi Surahman. 


    Kegiatan ini juga dihadiri 50 anak-anak dan remaja masjid yang sebagain berstatus Yatim. Yudi berharap kegiatan ini membawa keberkahan bagi masyarakat, khususnya generasi muda. Dan bisa menggelar kegiatan serupa di kemudian hari. Dalam kegiatan ini juga para remaja diberi hadiah berupa uang tunai dan paket makanan. 


    "Siapa saja bisa menyisihkan waktu untuk beribadah, terutama di bulan suci ini dan ditutup dengan ibadah membaca Al Quran," kata Yudi. 


    Imam Masjid Jami Al Hidayah, Ustaz Asep Syaeful Anwar berharap khataman Quran ini bisa terus berjalan seterusnya. Dan terutama menggaungkan Al Quran ke dalam diri mereka sehingga menjadi generasi Qurani. 


    "Mendapat ilmu pelajaran yang didapat mereka bisa istiqomah dalam membaca di manapun tempatnya, di waktu kapan pun, memahami Al Quran dari sejak membaca tentu akan memahami, dan bisa membumikan Al Quran sebagai mana maknanya melalui guru di kampung-kampung maupun di pondok-pondok pesantren," ungkapnya. 


    Menurut Ustaz Asep, khataman Quran tahun ini berbeda dengan kehadiran Jurnalis, Taufik Hidayat bersama media Forum Jurnalis Satu. Pasalnya adanya inovasi dalam kegiatan khataman Quran dari mulai hadiah maupun apresiasi yang di dapat oleh para anak.


    "Dengan beliau khususnya dan kita semua. Dan paling terpenting bisa semua masyarakat bisa bergotong royong, atas imbauan beliau sebagai ketua RT," imbuhnya.


    Khataman Quran sudah menjadi tradisi di masyarakat. Menurut Ketua RW 01 Desa Citeko, Eko mengatakan, tradisi ini sudah berjalan dari orang tua terdahulu termasuk ayah dari Taufik Hidayat, Almarhum Kiyai Ojid Adie Djunedi bin Abah Umar. 


    " Kegiatan tadarusan membaca Al-Quran selama Ramadan, sore dan sehabis tarawih. Alhamdulillah mereka bisa tiga kali mengkhatamkan Al-Quran selama bulan puasa ini," ungkapnya. 


    Khataman Al Quran ini, lanjut Eko, diharapkan bisa menjadi motivasi positif untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. 


    "Saya sebagai ketua RW sangat mengapresiasi sejak dulu, karena ini meningkatkan motivasi bagi putra putri kita dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan dalam lingkungan. Dan terima kasih bagi rekan-rekan jurnalis atas dukungannya semoga menjadi ladang amal, amin ya rabballamin," ungkapnya.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kabupaten Bogor

    +