Iklan

Kelas Edukasi Mencangkok di Kebun Raya Bogor Berkontribusi Untuk Kepedulian Lingkungan

Indate News
25/10/23, Oktober 25, 2023 WIB Last Updated 2023-10-25T02:18:12Z


indate.net-Bogor-
 Kebun Raya Bogor terletak di Kota Bogor, Indonesia, berdiri sebagai salah satu kebun raya terbesar dan tertua di Asia Tenggara. Didirikan pada tahun 1817, kebun ini mencakup wilayah yang luas dan berfungsi sebagai pusat penelitian, konservasi, dan pendidikan di bidang botani dan ilmu lingkungan. 

Kebun Raya Bogor, dengan keanekaragaman tumbuh-tumbuhan dan ekosistemnya yang kaya, menjadi tempat bagi siswa SMP BPK PENABUR untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang lingkungan. Dalam kegiatan ini, para siswa tidak hanya memahami ekosistem yang beragam, tetapi juga terlibat langsung dalam praktik propagasi tanaman dengan mencangkok, sebuah teknik berkebun yang memungkinkan mereka menggandakan tanaman dengan tangan mereka sendiri. Adapun tanaman yang dijadikan untuk mencangkok yaitu tanaman buah jambu. 

Mencangkok adalah metode cara perkembangbiakan tanaman secara vegetatif buatan untuk mempercepat proses memperbanyak tanaman secara vegetatif (tanpa perkawinan). Mencangkok adalah teknik lain dari propagasi pada tanaman hias aglonema, dimana hanya butuh menempelkan tanah dengan menggunakan penahan pada batang. Dengan perkembangbiakan tersebut, mencangkok bertujuan untuk memperbanyak tanaman yang memiliki sifat yang sama dengan induknya dan cepat menghasilkan

Keterlibatan siswa-siswi tersebut meyakini partisipasi aktif bagi siswa-siswi lainnya untuk berpartisipasi dalam program "Mencangkok". Melalui kegiatan kelas edukasi ini, para siswa diharapakan dapat membekali siswa lainnya dengan wawasan berharga tentang biologi tanaman, metode budidaya, dan pentingnya konservasi keanekaragaman hayati. 

Monic, salah satu siswa yang mengikuti kegiatan mencangkok mengungkapkan antusiasmenya terhadap kegiatan edukasi mencangkok ini dengan mengatakan, “Sangat seru sekali mengikuti kelas edukasi mengenai mencangkok ini karena kita mendapatkan banyak manfaatnya dari kegiatan itu." 

Dengan adanya kegiatan kelas edukasi ini maka para siswa siswi mendapatkan pengalaman pendidikan yang tak terlupakan saat mereka bergabung dalam kegiatan edukasi di Kebun Raya Bogor. Dengan antusiasmenya, siswa-siswa ini menjelajahi keindahan alam sambil mengasah pengetahuan mereka tentang ekosistem dan keberlanjutan. “Sangat seru bisa belajar mencangkok karena dapat diaplikasikan mencangkok di rumah.” Ujar Wira - salah satu siswa yang mengikuti kelas edukasi mencangkok. Hal yang sama di ungkapkan oleh Gema, “Dengan kegiatan tersebut dapat menambah wawasan pengetahuan kita semua.” 

Selama kunjungan, para siswa diberikan kesempatan untuk belajar tentang berbagai jenis tanaman, tumbuhan langka, dan ekosistem yang ada di Kebun Raya Bogor. Dalam kegiatan ini, siswa tidak hanya mengamati saja, tetapi mereka juga terlibat dalam proses mencangkok tanaman, sebuah teknik berkebun yang memungkinkan mereka untuk menduplikasikan tanaman dengan keahlian tangan mereka sendiri. Satya menyampaikan, “Menurut saya itu pelajarannya seru banget, kita juga dapat mengenal tumbuh-tumbuhan yang lain dan agar dapat lebih di sebarluaskan lagi ke siswa-siswi lainnya.” 

Selain kegiatan Kelas Edukasi mencangkok ini, Kebun Raya Bogor juga menghadirkan kegiatan Kelas Edukasi lainnya seperti Kelas Edukasi Araceae dan Kelas Dasar Berkebun, Kelas Edukasi Kokedama, Kelas Edukasi Tabulampot, Kelas Edukasi Terrarium, Kelas Edukasi Anggrek, Kelas Edukasi Propagasi Tumbuhan serta Kelas Edukasi Kompos

Kegiatan Kelas Edukasi di Kebun Raya Bogor ini diharapkan dapat menjadi salah satu langkah nyata dalam menggabungkan pembelajaran akademik serta dapat menjadi wadah bagi para siswa-siswi maupun masyarakat luas untuk lebih mengenal dan mendalami mengenai kepedulian lingkungan. Melalui kegiatan kelas edukasi ini merupakan bentuk kepedulian dan kecintaan bersama dalam menjaga bumi dan lingkungan. Diharapkan bahwa para siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini akan menjadi agen perubahan positif dalam pelestarian lingkungan di masa depan. 

Kami turut mengundang siswa-siswi serta masyarakat luas untuk bergabung dalam Kegiatan Edukasi seperti ini untuk mendukung upaya lingkungan yang keberlanjutan. Yukk tunggu apalagi ayo ke Kebun Raya, untuk mengikuti kelas edukasi lainnya dapat menghubungi ke nomor 0251-8311362 / 0852-1566-8934 Visitor Center Kebun Raya Bogor atau melalui nomor dibawah ini : 

Bogor: 0852-1566-8934 atau 0877-39428401|Cibodas: 0812-2466-7108|Purwodadi: 0811-9711-5900|Bali: 0811-9711-5933 

Kontak Media:  
Zaenal Arifin 
GM Corporate Communication  
PT. Mitra Natura Raya 
0878-1228-6299
Komentar

Tampilkan

Terkini

Kabupaten Bogor

+