Iklan

Wakili Kota Bogor, Kelurahan Cipaku ikuti Lomba Pemanfaatan Lahan Perkarangan Tingkat provinsi

Indate News
31/05/23, Mei 31, 2023 WIB Last Updated 2023-05-31T14:11:16Z


indate.net-Lomba pemanfaatan lahan perkarangan tingkat Provinsi Jawa Barat, kelurahan Cipaku, kecamatan Bogor Selatan menjadi perwakilan kota Bogor.

Lurah Cipaku Budi Junaedi mengatakan, untuk persiapan mengikuti lomba pemanfaatan lahan perkarangan ini hampir tiga bulan dan ini merupakan rangkaian dari Bogor hejo.

"Intinya, kita mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan dengan menanam bibit seperti, jagung, kacang, terong. Untuk bibitnya sendiri dari dinas ketahanan pangan. Dan kebetulan di kita ada KWT Ciriwis yang pernah menjuarai,” beber Budi kepada wartawan, Selasa (30/5/2023).

Hari ini, lanjut Budi, pelaksanakan peniaian lomba berlokasi di Kampung Buni Asih di tiga RT, yakni RT 1, 2 dan 3. "Tapi kalo KWT Ciriwisnya ada di wilayah RT 03/09 yang mewakili Kelurahan Cipaku,Kota Bogor," katanya.

Budi menjelaskan, memang dalam memanfaatkan pekarangan menanam bibit pasti ada kendala, misalnya, bibit yang di tanam di makan sama ayam atau tikus.

"kebetulan tanahnya juga berkerikil tidak subur yang berdampak pada pertumbuhan tanaman tersebut," ucapnya.

Sedangkan tim penilai, kata Budi, dari Pokja 3 PKK Provinsi, DKPP, LH, DKPP, DP3A, Perumkim, Muspika, TP-PKK Kec, Kelurahan serta Kader.

"Adapun penilaiannya sendiri dari expose, melihat ke lapangan, kebersihan serta edukasi ke masyarakat tentang penanaman pohon tersebut," jelasnya.

Masih kata Budi, meskipun dengan lahan terbatas serta kontur tanahnya tidak begitu subur tapi masih bisa tumbuh dirinya optimis dapat juara, asal dengan kekompakan kader terutama Pokja 3 dan KWT Ciriwis.

“Jadi kita berusaha sedini mungkin dengan mengedukasi dan penyuluhan dari DPKPP terus untuk bisa menanam dilahan perkarangan. Ya mungkin kalau bisa berjalan bisa menambah income buat mereka,” tutupnya.(ian)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Kabupaten Bogor

+