Iklan

Minta Kampung Keluarga Berkualitas Ada di Semua Wilayah

Indate News
06/03/23, Maret 06, 2023 WIB Last Updated 2023-03-06T04:07:05Z


indate.net-Kampung KB Harkat, Kelurahan Cimah­par, Kecamatan Bogor Utara menjadi pe­­serta lomba Kampung Keluarga Ber­­kualitas tingkat Jawa Barat yang dise­­lenggarakan oleh Badan Kependudu­­kan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Proses penjurian yang dilaksanakan pun dihadiri langsung oleh Wakil Wali Kota Bo­­gor, Dedie A. Rachim dan Anggota Komisi IV DPRD Kota Bogor, Lusiana Nurissiyadah mewakili Ketua DPRD Kota Bogor. Selama proses penilaian, Lusiana melihat Kampung KB Harkat, Kelurahan Cimahpar memiliki fasilitas penunjang untuk bisa memenangkan perlombaan ini. Disana, terdapat rumah Da­­taku yang menghimpun data-data dasar masyarakat, yang terdiri dari jumlah warga per rumah dengan detil, pekerjaan, fasilitas jalan, sarana kesehatan, sarana pendidikan dan peta kebencanaan.

Tak hanya itu, keberadaan fasilitas umum (Fasum) Rekreasi yang menunjang kegiatan masyarakat juga menunjukkan visi dan misi Kota Bogor sebagai Kota Ramah Keluarga. “Data seperti ini sangat penting sebagai dasar pembangunan yang bertujuan mengurangi angka stunting dan memastikan masyarakat kita sehat,” ujar Lusiana.

Dengan apa yang ditunjukkan oleh Kam­­pung KB Harkat, Kelurahan Cimahpar, Lusiana mendorong, Pemkot Bogor untuk mengembangkan program ini ke kampung lain di seluruh Kelurahan yang ada di Kota Bogor. Hal ini bertujuan untuk memastikan pembangunan masyarakat yang dijanjikan oleh Pemerintah Kota Bogor melalui RPJMD 2019 - 2024 bisa terlaksana, disamping menja­­lankan program nasional untuk pe­­nurunan stunting serta menurutnkan angka kematian ibu dan bayi. Sebab, dita­­hun terakhir kepemimpinan Wali Kota Bogor sekarang, Lusiana masih menilai ku­­rangnya pembangunan masyarakat dan Pe­­merintah Kota Bogor masih berfokus kepada pembangunan fisik saja. “Jadi memang pembangunan masyarakat ini harus dimulai dan disebarluaskan. Pemkot Bogor jangan hanya berfokus pada infrastruktur saja, karena kalau Kampung KB Harkat bisa, mengapa yang lain tidak,” tegasnya.

Untuk memastikan program ini merata ke setiap kelurahan yang ada di Kota Bogor, Lusiana menjanjikan akan mendukung penuh program ini dari segi anggaran dan akan mengawasi kinerja dari dinas terkait untuk bisa menjalankan programnya. “Kami di DPRD Kota Bogor siap memberikan dukungan kebijakan anggaran dan mengawasi kinerja dinas terkait agar program kampung KB ini bisa tersebar di seluruh kelurahan Kota Bogor,” pungkasnya.(*)


Komentar

Tampilkan

Terkini

Kabupaten Bogor

+