• Jelajahi

    Copyright © IndateNews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    KWT Kertajaya Ada Taman Lalu Lintas

    Indate News
    26/11/22, November 26, 2022 WIB Last Updated 2022-11-26T01:16:23Z


    indate.net-BOGOR - Bukan hanya ada tempat untuk bercocok tanam, ada juga taman bermain anak di Kelompok Wanita Tani (KWT) Kertajaya, Kelurahan BojongKerta Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor.  Berdiri dilahan seluas 800 meter ,tepatnya di samping kantor Kelurahan Bojongkerta. Berbagai macam tanaman sayuran juga hidroponik, rumah bibit, ternak kambing dan kandang ayam arab ada didalamnya. 

    "KWT Kerta Jaya sudah berjalan satu tahun. Adapun proses pembangunan KWT ini tepatnya pada maret 2021," ucap Harry Cahaya Lurah Bojong Kerta kepada wartawan, Jumat (25/11/2022).  Lanjut Harry, KWT Kertajaya ada dinaungan PKK dengan 15 orang anggota   pengurus didalamnya. 

    "Semuanya Ibu ibu yang ada wilayah kelurahan Bojong kerta dari RW 01 sampai dengan RW 06," terangnya.  Harry menjelaskan, untuk panen khusus sayuran non hidroponik biasanya kurang lebih 30 hari, kalau untuk hidroponik kurang lebih sekitar 25 sampai 28 hari. 

    "Hasil panen nanti, seperti sayuran-sayuran dan telur ayam arab itu bisa dibawah oleh ibu ibu KWT atau dijual. Biasanya sih, yang saya tau sudah beberapa kali panen ini dikumpulkan dijual ke warga sendiri dan uangnya bisa di jadikan kas di KWT," paparnya.  "Jadi yang dijual ini sayuran dan telur ayam arab, nanti dipergunakan untuk operasional KWT juga. Karena tiap hari ada yang piket dua orang," sambung Harry. 


    Ia memaparkan, KWT Kertajaya berdiri sebagai ketahanan pangan untuk warga sekitar. Selain itu KWT ini dipergunakan oleh ibu-ibu KWT pada program Bakul KWT (Barudak kumpul di KWT).  Pihaknya sudah bersinergi berkolaborasi dengan PAUD yang ada di wilyahnya. Karena setiap bulan itu anak-anak kumpul  untuk belajar bagaimana caranya bercocok tanam. 

    "Seperti memanen sayuran terus mengambil telur ayam arab, ataupun misalkan dia panen hasilnya kita bagi buat anak-anak juga buat dibawah kerumahnya," jelasnya.  Kata Harry, Dengan progran inovasi yang dibuat KWT dan adanya taman bermain juga taman lalu lintas.  "Biasanya, anak anak datang ke KWT di suguhkan telur ayam arab dan bubur kacang," pungkasnya.(ian)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kabupaten Bogor

    +