Iklan

Perumda PPJ Gencarkan Penguraian Sampah dengan BSF

Indate News
27/08/22, Agustus 27, 2022 WIB Last Updated 2022-08-27T01:46:46Z


indate.net-Formulasi Black Soldier Fly (BSF) digunakan Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) dalam melakukan program penguraian sampah organik yang ada di pasar.

BSF atau Maggot adalah larva serangga yang dapat mengubah material sampah organik menjadi biomassa. Maggot memiliki kemampuan mengurai sampah organik 1-3 kali dari bobot tubuhnya selama 24 jam, bahkan bisa sampai 5 kali bobot tubuhnya.

“Formulasi BSF dipilih karena menjadi formulasi pengurai sampah yang ramah lingkungan, Keuntungan lainnya yaitu, sampah yang diurai oleh Maggot tidak berbau karena terdapat zat probiotik yang mampu menangani bakteri pathogen dalam sampah,” kata Ahmad Nurfauzi Asmen K3 Bidang Kebersihan Perumda PPJ dalam keterangannya, Jumat (26/8/2022).

Meski demikian, pihaknya juga menyampaikan adanya kendala dalam memilah antara sampah organik dan non-organik yang belum dipilah oleh pembuang sampah.

Pasalnya, tempat penampungan sampah (TPS) yang ada di Pasar tradisional di Kota Bogor tidak hanya menampung sampah dari pasar, tapi juga dari warga dan Pedagang Kaki Lima (PKL).

Sementara, mereka belum memiliki kesadaran untuk memilah sampah sebelum dibuang ke TPS. Hal itu menjadi kendala tersendiri bagi Perumda PPJ untuk melakukan formulasi Maggot.

“Ini yang menjadi kendala bagi kita, sehingga kita kesulitan untuk memboomingkan program mengurai sampah dengan Maggot,” ungkapnya.

Karena itu, pihaknya mengimbau warga yang membuang sampah di penampungan pasar di Kota Bogor untuk memilah dan memisahkan sampah organik dan non-organik terlebih dahulu sebelum membuangnya.(*)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Kabupaten Bogor

+