Iklan

Sepanjang Tahun 2022, Ini 10 Negara dengan Pengangguran Tertinggi di Dunia

Indate News
20/12/22, Desember 20, 2022 WIB Last Updated 2022-12-20T05:06:30Z


indate.net-Sejumlah negara di dunia tercatat memiliki jumlah pengangguran yang cukup besar. Menurut World Population Review tingkat pengangguran secara global diperkirakan menyentuh 6,3% sampai 6,5%. Pengangguran dianggap sebagai indikator akhir (lagging indicator), yang berarti paling mempengaruhi ekonomi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengangguran adalah keadaan tidak melakukan apa-apa atau tidak bekerja dalam kurun waktu tertentu. Ada beberapa penyebab besarnya angka pengangguran, di antaranya permasalahan politik, inflasi, dan resesi ekonomi. Kementerian Tenaga Kerja menyebut level pendidikan tinggi tidak serta merta menghindarkan angkatan kerja dari kondisi sulit mencari pekerjaan.

Di penghujung 2022 ini angka penggaguran di Indonesia juga diperkirakan meningkat seiring adanya PHK massal sejumlah perusahaan besar termasuk startup. Sementara itu, Badan Pusat Statistik mengelompokkan jenis-jenis pengangguran, yakni pengangguran terbuka dan setengah penganggur (bekerja kurang dari 35 jam seminggu).

Berikut daftar 10 negara dengan tingkat pengangguran tertinggi di dunia 2022 versi World Population Review.

1. Afrika Selatan

Negara dengan pengangguran terbanyak nomor 1 di dunia 2022 adalah Afrika Selatan. Tingkat pengangguran di negara yang mengandalkan sektor pertambangan ini mencapai 29,2 persen. Di penghujung akhir tahun, negara yang pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia ini sedang mengalami guncangan inflasi akibat tekanan pandemi Covid-19.

2. Kosovo

Kosovo menjadi negara kedua dengan angka pengangguran tertinggi di dunia. Negara yang mendeklarasikan kemerdekaannya pada 17 Februari 2008 ini harus menghadapi ketidakstabilan ekonomi. Uniknya, negara yang 70 persen warganya berusia muda (di bawah 35 tahun) ini belum mendapatkan pengakuan sebagai negara internasional. Tingkat pengangguran di Kosovo tercatat mencapai 26,2%.

3. Djibouti

Salah satu negara republik yang memiliki luas wilayah paling kecil di Benua Afrika ini juga menyumbang persentase pengangguran, yakni 26,1 persen. Djibouti dihuni oleh hampir 90% warga yang menganut agama Islam. Karena letak geografisnya yang strategis, Djibouti menjadi jalur pelayaran internasional di sekitar terusan Suez.

4. Tepi Barat dan Jalur Gaza (Palestina)

Negara dengan angka penganggung tertinggi selanjutnya yakni Palestina. Angka penggangguran di Palestina tercatat menembus 25,9 persen. Kondisi ini diakibatkan karena adanya konflik perang dengan Israel. Mayoritas warga Palestina sendiri bekerja di bidang pertanian, perkebunan, dan di bidang konstruksi.

5. Guinea Khatulistiwa

Guinea Khatulistiwa atau Guinea Ekuatorial berada di kawasan pantai barat Afrika Tengah. Hanya mempunyai luas sekitar 28.000 kilometer persegi, negara ini juga menjadi salah satu produsen minyak terbesar. Sayangnya, rasio pertumbuhan PDB di tahun 2021 hanya -0,9% menurut Bank Dunia. Tingkat pengangguran negara yang mengandalkan komoditas kopi dan kakao ini sekitar 25%.

6. Botswana

Botswana melaporkan tingkat pengangguran negaranya sebesar 24,9 persen. Padahal, negara ini terbilang memiliki kekayaan sumber daya alam yang cukup besar. Mulai dari pertambangan intan, nikel, sampai tembaga. Negara yang kerap disebut-sebut sebagai Wakanda di kehidupan nyata ini menghadapi goncangan ekonomi akibat pandemi.

7. Grenada

Mungkin banyak orang yang belum pernah mendengar negara ini atau menganggapnya sebagai salah satu provinsi di Spanyol. Grenada sendiri berada di sisi barat kepulauan Karibia. Negara yang merayakan ulang tahun kemerdekaannya pada 7 Februari ini mengandalkan ekspor pala. Tingkat pengangguran negara yang pernah dijajah Inggris dan Prancis ini mencapai 22,9 persen.

8. Eswatini

Negara dengan pengangguran terbanyak di dunia 2022 selanjutnya yakni Eswatini. Negara yang menganut sistem pemerintahan monarki ini sebenarnya memiliki keanekaragaman hayati. Letak Eswatini sendiri berada di antara Afrika Selatan dan Mozambik. Tingkat pengangguran di Eswatini mencapai 22,7 persen.

9. Lesotho

Negara Benua Afrika dengan tingkat pengangguran tertinggi selanjutnya adalah Lesotho. Negara yang berbatasan langsung dengan Afrika Selatan ini mencatatkan angka pengangguran sekitar 22,4 persen. Banyak masyarakatnya yang hidup di bawah garis kemiskinan dengan penghasilan US$ 1,25 (Rp 18.750) sehari.

10. Gabon

Negara yang melimpah dengan cadangan migas (minyak dan gas bumi), besi, serta kayu ini ternyata tidak mampu menekan angka pengangguran yang dialami penduduknya. Angka pengangguran di Gabon mencapai 20,4 persen. Negara yang merayakan hari ulang tahun sama dengan Indonesia ini masih ketergantungan terhadap tenaga kerja asing.

(Sumber: Tempo.co/indate.net)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Kabupaten Bogor

+